Kasih dan Doa Ibu Yang Tak Pernah Tergantikan


Happymotherday-sipeqi


Baru merasakan menjadi wanita seutuhnya, ketika saya dipercaya menjadi seorang ibu dari anak laki-laki yang kini sudah menginjak usia 2,5 tahun. Bahagia luar biasa sudah pasti, namun semua itu bukan berarti tanpa hambatan, sedih datang ketika sikecil sakit dan susah makan itu menjadi hal yang selalu menakutkan buat saya.

Saya penyuka anak kecil, tak pernah terpikir sebelumnya kalau mengurus anak kecil itu sangat sangat tidak mudah, yang saya lihat waktu itu mungkin hanya sekilas tentang lucu nya saja padahal dibalik semua itu ada usaha seorang ibu yang begitu luar biasa sabar dan dengan tanpa henti terus mengasihinya.

Ya, saya benar-benar merasakan jungkir baliknya menjadi seorang ibu, banyak hal yang membuat saya begitu haru akan perjuangan seorang ibu, mulai dari mengandung hingga usia 9 bulan, merawat, memberi ASI, dan mendidiknya bagi saya ibu itu sangat luar biasa kuat, tidak ada lelahnya bahkan rela berkorban dengan jiwa sebagai taruhannya.
" Kasih dan Doa Ibu Yang Tak Pernah Tergantikan "
Kasih Ibu sepanjang masa, disetiap helaan nafasnya selalu ada do'a buat anak-anaknya, dia juga tidak pernah pamrih dengan apa yang sudah dilakukannya (menjaga, merawat dan mendidik) selama ini, melihat anaknya sehat, sholeh, dan baik saja itu sudah bahagia.

Dulu, ketika saya waktu kecil ingat betul kalau dilarang suka berpikir kalau orang tua itu gak ngerti kita (anak-anak) ini itu segala dilarang, sekarang baru terasa kalau melarang itu ada alasannya, ya semua itu demi kebaikan kita. Jika dikasih wejangan suka mengabaikan, sedih kalau sudah mengingat ke situ, karena pada saat kita dihadapkan pada suatu permasalahan baru deh suka terngiang-ngiang wejangannya.

Ibu, sosok lembut yang selalu memberi saya semangat yang menjadikan saya percaya diri. Ibu yang selalu mengajarkan menghadapi kerasnya hidup dengan 'perjuangan' pantang menyerah, selalu mengajarkan kesederhanaan dengan mengusung motto "keur Aya atau keur euweuh duit, pengeluaran kudu angger" yang artinya "lagi ada atau tidak ada uang pengeluaran harus tetap, dalam artian kami tidak diajarkan boros dan tidak memaksakan diluar kemampuan kami, juga selalu diajarkan kesabaran dan tidak boleh membalas ketika ada orang yang zholim, beliau suka memberi wejangan biarkan "ulah saruana" (jangan sama-sama hiks jadi inget almarhumah Opung, karena beliau yg mengurus saya sejak kecil dan saya mendapatkan kasih sayang lebih dari seorang ibu. Pung, jasa dan pengorbananmu selama ini tidak akan pernah bisa terbalaskan tapi saya selalu berdoa semoga opung disana selalu tenang dan diterangkan.Aamiin.

Banyak cerita tentang kita,pengorbananmu yang tidak akan pernah saya lupakan, hingga sampai menginjak usia SMA pun kau masih mengantar saat aku malas sekolah, kau seperti sahabat karena kemana-kemana kita selalu berdua, aku pun tak malu untuk berbagi cerita tentang teman laki-laki padamu, kau menjadi pendengar setia waktu itu, dan selalu memberi kritik dan saran, ah aku rindu padamu, rindu masa dimana aku tetap seperti bayi kecilmu meski aku sudah dewasa tapi kau tetap memperlakukan aku seperti bayi mungil yang selalu haus kasih sayang. Kasih dan doa ibu memang tak pernah tergantikan, tapi jangan lupa peran nenek juga tak kalah hebat bahkan kasih sayangnya pun melebihi ibu sendiri dan masih banyak diluar sana yang suka menitipkan anak-anak ke neneknya, so kalian dan kita semua adalah wanita hebat semoga bisa mengemban amanah untuk bisa merawat dan menyayangi anak dan keluarganya, aamiin.

Begitu berartinya seorang ibu dalam kehidupan seorang manusia, sosok yang begitu tanpa mengenal lelah, rela mengenyampingkan kepentingannya demi anak. Tepat di tanggal 22 Desember ini saya mengucapkan Selamat Hari Ibu, saya berdoa semoga semua para Ibu maupun yang mau jadi Ibu diseluruh dunia diberi kesehatan dan kekuatan, Aamiin.



Happy Mother's Day


Komentar

  1. Wah ibunya asyik banget. Bisa jadi teman cerita soal cowok xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, seneng bgt klo udh cerita kaya SM teman

      Hapus
  2. eh aku juga suka main sama anak kecil. Begitu ngurus anak sendiri ternyata beda yaa. Soalnya kita bersama terus, kan. Mau anak senang atau lagi ngambek, kita harus handle.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya haha dulu mah klo nangis kan tinggal ksh mama nya.

      Hapus
  3. Kalau hari ibu gini duka sedih soale inget alm.Mama.

    BalasHapus
  4. Ibu itu sosok yang paling berarti dalam kehidupan setiap manusia, termasuk kita ya mbak. Semoga kelak anak2 kita juga merasa bahwa ibunya adalah segalanya aamiin TFS

    BalasHapus
  5. Nah, bener kan jadi ortu dulu melarang karena ternyata dirasakan langsung setelah kita sendiri jadi ortu kan xixi. Terkadang keadaan kita sekarang yg telah merasakan jadi ibu itu, membuat kita bisa memahami bagaimana pedihnya perjuangan ortu ya mbak. Terutama ibu hehe

    BalasHapus
  6. aamiin, doa yang sama buat mama rendi ya sehat eda

    BalasHapus
  7. Ibu bisa jadi selalu menjadi yang paling disebelin, karena cerewet. Tetapi juga paling di kangenin karena kasih sayang dan perhatiannya untuk keluarga.

    BalasHapus
  8. "keur Aya atau keur euweuh duit, pengeluaran kudu angger"

    setuju banget, dan masih berusaha keras
    karena kadang kalo ad lebih pengennya beli2 terus #uninstalonlineshop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha....iya mba, suka terngiang2 mantra itu.

      Hapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Kemudahan Transaksi Dalam Satu Ponsel

Khasiat Buah Delima untuk Kaum Wanita

Sosialisasi Ke Tetangga Bersama Wipol Aksi Anti Kuman