Sakit Kepala Bukan Alasan Lagi Untuk Tidak Beraktivitas

ilustrasi Sakit Kepala | sumber: viva.co.id

Rasa nyeri di bagian kepala yang selalu datang tanpa mengenal waktu, jika hal ini terjadi tentu akan menjadi penghambat buat aktivitas kita. Semua orang pasti pernah mengalami hal semacam ini, dimana sakit kepala sangat mengganggu kita untuk berkonsentrasi dan cenderung meningkatnya emosi dalam diri kita. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab sakit kepala, diantaranya bisa karena kurang istirahat, stres, posisi postur tubuh saat tidur atau terlalu lama berada di depan layar komputer, kepanasan, dehidrasi yang memyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh sehingga cairan bisa mengambil dari otak kita yang menimbulkan sakit kepala dan lain sebagainya.

Pengalaman saya yang sering punya keluhan sakit kepala biasanya efek dari kurang istirahat dan terlalu lama berada di bawah terik matahari serta kurang mengkonsumsi minum air putih. Lama berada di ruangan AC juga sering mengakibatkan gangguan sakit kepala, karena  AC secara tidak langsung mengambil cairan dari dalam tubuh kita maka tidak heran jika kita terlalu lama di ruang ber AC kulit kita menjadi keriput untuk itu kita di haruskan banyak minum air putih.

Sebagai orang yang sering mengalami keluhan sakit kepala, dari jaman dulu kebiasaan nenek saya yang selalu menyediakan bodrex sebagai obat untuk keluarga yang selalu tersedia di kotak obat. Bila sakit itu datang rasanya kepala seperti pecah, nyut-nyutan pada bagian kepala sering membuat hari saya kurang baik, kasur dan bantal menjadi pelarianku sebagai tempat untuk merebahkan badan di kala nyeri itu datang. Tapi bagaimana jika sedang beraktivitas di luar yang sulit untuk menemukan kasur dan bantal sebagai pelampiasan untuk tempat kita merasakan nyeri?

Semua itu bisa di atasi dengan Bodrex Ekstra yang khusus untuk sakit kepala pada bagian belakang. Dengan kandungan setiap butir Bodrex Extra mengandung 350 mg parasetamol yang di kombinasikan dengan 200 mg ibuprofen dan 50 mg kafein. Dengan adanya kombinasi ibuprofen yang merupakan golongan NSAID (anti radang non-steroid), maka cakupan pemakaian boderx extra menjadi  sebagai analgetik (pereda sakit), antipiretik (pereda demam) juga efektif sebagai anti radang, misalnya untuk radang pada nyeri  gigi dan nyeri  reumatik. Kombinasi dengan kafein memberikan efek meredakan nyeri kepala tegang otot.
Logo biru yang melingkar pada kemasan bodrex migra sebagai obat bebas terbatas yang di tandai dengan peringatan P.No.1 AWAS OBAT KERAS, untuk itu kita harus membaca aturan pakainya. Hal lain yang perlu di perhatikan adalah :

  • Tanggal kadaluarsa dapat di baca dengan jelas 
  • No register dan ‘batch’ dapat di baca dengan jelas
Catatan lain : Jangan di makan dengan makanan yang merangsang timbulnya gas dan asam lambung seperti minuman bersoda, kopi, makanan bercuka, seperti pempek karena mengandung ibuprofen dan kafein. 
Sumber:http://familiamedika.net/obat-keluarga/bodrex-extra.html#.Ub_is4FDg1U

Sakit kepala bisa menyerang siapa saja dan kapan saja tanpa mengena waktu, dan kini Bodrex Extra siap menemani kita kapan saja. Cepat mengatasi rasa sakit di kepala yang sering mengganggu aktivitas kita, ketika kita minum bodrex extra tidak menunggu ber jam-jam untuk pulih kembali, rasa nyeri itu perlahan-lahan hilang sedikit demi sedikit hingga akhirnya kepala terasa ringan dan sakit kepala pun sirna dan berangsur menjauh hingga hingga hilang rasa sakitnya.

Berikut 7 tips cara mengatasi dan mengobati sakit kepala :
  1. Minum pereda nyeri sakit kepala. Kebanyakan obat penghilang rasa sakit tidak akan bekerja sebelum 30 menit, jadi mengambil dosis sesegera mungkin setelah Anda mulai merasa sakit kepala datang adalah kebijakan yang tepat. Bahkan jika Anda sudah terlanjur mengalami sakit kepala yang sangat dalam, dosis cepat ibuprofen, asetaminofen, naproxen.   
  2. Minum banyak air. Dehidrasi dapat menyebabkan penyakit kepala, terutama jika Anda baru muntah atau Anda pusing. Minum segelas penuh air segera setelah kepala Anda mulai sakit, dan mencoba untuk terus minum teguk kecil sepanjang hari. Anda secara bertahap akan merasakan sakit mulai mereda. Hindari minum apa pun yang dapat menyebabkan dehidrasi, seperti kopi, alkohol, dan minuman yang sarat dengan gula 
  3. Cari tempat yang tenang, gelap untuk istirahat. Jika Anda bisa, cobalah untuk berbaring dan rileks selama minimal 30 menit. Tutup tirai, mematikan lampu, dan fokus pada pernapasan Anda. Meminta keluarga atau teman anda agar tenang. Jika anda terpaksa harus beristirahat sekitar orang lain, jelaskan bahwa Anda memiliki sakit kepala dan meminta mereka untuk tenang dan meninggalkan Anda. Jika Anda ingin tidur atau tidur siang, jangan terlalu lama. Mengatur suhu kamar. Beberapa orang hanya dapat bersantai di ruangan yang sejuk, sementara yang lain lebih memilih selimut besar atau ruang pemanas. Cobalah untuk meniru kondisi apa pun yang terbaik bagi Anda ketika Anda pergi tidur di malam hari. Hindari memulai ketegangan sakit kepala lebih dini. Pastikan tempat tidur atau sofa Anda nyaman dan kepala Anda didukung dalam posisi yang tidak menyebabkan ketegangan leher Anda. 
  4. Gunakan kompres dingin. Menempatkan sesuatu yang lembut dan dingin di atas dahi Anda dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, yang bisa mengurangi rasa sakit dari sakit kepala. Ini bekerja sangat baik jika masalah terkonsentrasi di pelipis atau sinus.  Basahi kain lap dengan air dingin, dan taruh di atas dahi Anda. Rendam lagi dengan air dingin jika sudah terasa tidak dingin. 
  5. Pijat kulit kepala, leher dan lobus telinga. Melakukan beberapa pijatan ringan dapat mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit kepala, serta meningkatkan sirkulasi dan meredakan ketegangan. Untuk pijat dasar, lembut tekan jari Anda di atas pelipis, dan memindahkan mereka dalam lingkaran lambat.
  6. Menikmati seks (Khusus bagi yang sudah menikah) Tidak hanya dapat mengurangi stres dan tekanan darah, seks juga merangsang pelepasan hormon oksitosin, yang pada gilirannya meningkatkan pelepasan endorfin, penghilang rasa sakit alami tubuh. 
  7. Berlatih teknik relaksasi. Orang-orang di seluruh dunia menggunakan berbagai trik untuk mengalihkan diri dari rasa sakit. Jika Anda berada di tengah-tengah sakit kepala, jangan khawatir tentang belajar sesuatu yang baru, apa pun yang paling dekat dengan zona kenyamanan Anda. Beberapa teknik relaksasi yang menjadi pilihan adalah meditasi, berdoa, pernapasan dalam dan mendengarkan suara-suara alam (air terjun, hujan dll).  Sumber : http://web-sehat.blogspot.com/2013/04/7-tips-mengatasi-sakit-kepala-dengan.html
Nah dari ke tujuh tips di atas, terbukti salah satu kandungan yang terdapat pada bodrex extra yaitu kandungan ibuprofen yang berfungsi sebagai pereda sakit kepala. Minum Bodrex, sakit kepala cepat reda pekerjaan tak tertunda. Semoga bermanfaat.***


2 komentar:

  1. Aku juga kl kepanasan dan kurang minum air putih suka pusing. Bs 2 harian telernya.

    BalasHapus
  2. makasih ya, baca ini aku langsung inget hari ini aku kurang minum air putih

    salam
    gabrilla

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.