Dongeng Menjadikan Anak Berkarakter

Mendongeng, adalah hal yang aku kangenin saat ini, sejenak teringat waktu masih kecil, dimana saat-saat yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang hidup saya, sosok opung yang begitu sangat mencintai cucu nya yang setiap hari dekat sehingga menciptakan kekuatan bathin melebihi ibu dan anak.

Dulu, setiap hari opung selalu menyempatkan mendongeng untuk saya, tidak kenal waktu, entah itu siang maupun malam di saat kami sedang bercengrama. Beliau senang bercerita baik itu pengalamannya sendiri atau siapapun yang sekiranya cerita itu bisa diterima anak-anak dan ada nilai positif sebagai pembelajaran juga sesekali diselingi cerita rakyat.


Menghadiri Press Conference Bintang Nutricia Dukung Festival Dongeng Internasional Indonesia Untuk Tanamkan Nutrisi Awal Kehidupan Anak Melalui Dongeng pada hari Rabu 26 Oktober 2016 di Kembang Goela Resto Jakarta Selatan, benar-benar membawa imajinasi ku ke zaman dulu, cerita-cerita yang bisa kita ambil nilai positifnya sangat berguna buat masa depan, dimana kita bisa meresapi dan memaknai dari sebuah dongeng.

Acara yang menghadirkan narasumber Pak Arif Mujahidin, Danone Communication Director menjelaskan, "kami di Nutricia percaya, pertumbuhan seorang anak yang baik dimulai dari pola asuh orang tua yang tepat dan mendongen merupakan salah satu  media sederhana serta mudah dengan berbagai manfaat baik dalam proses tumbuh kembang anak.


PT Nutricia Indonesia Sejahtera melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)nya, Bintang Nutrusi Indonesia kerja sama denfan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia menyelenggarakan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 yang akan diadakan di Museum Nasional, Jakarta. Acara yang digelar mulai dari tanggal 5-6 November 2016 ini bertujuan untuk mengingatkan kembali akan pentingnya peran orang tua pada masa pertumbuhan anak baik dari sisi pendidikan ataupun asupan nutrisi.

Turut hadir Ketua Penyelenggara Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016, Ariyo Zidni menyatakan " Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 merupakan festival dongeng bertaraf internasional yang telah diadakan kedua kalinya oleh Ayo Dongeng Indonesia yang berharap acara ini dapat memperkenalkan kebaikan dongeng serta mengembangkan dan memperluas minat masyarakat terhadap kegiatan mendongeng.

Tahun ini, Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 mengusung tema Cerita Indonesiaku.

Menurut Najela Shihab, M.Psi, seorang oenggiat pendidikan mengungkapkan, "Menumbuhkan nilai dan karakter positif anak perlu komitmen orang tua terus menerus. Dongeng adalah satu cara belajar membiasakan interaksi menyenagkan dan bermakna dalam keluarga. Melalui pesan dan aktivitas dongeng, anak melatih aspek-aspek penting perkembangan, orang tua juga mempraktekkan teknik komunikasi yang efektif.

Manfaat dongeng buat saya pribadi sangat bermanfaat, melalui pengalaman sendiri yang suka didongengin sama nenek menjadikan hubungan kami menjadi semakin kuat ikatan bathinnya, dongeng tidak hanya sebagai cerita tetapi juga sebagai bentuk peringatan atau gambaranelalui pesan moral yang disampaikan, mungkin ketika masih kecil belum terlalu faham, tetapi apa yang kita dongengkan akan di simpan dalam memori dan akan diingat hingga kelak dewasa.


Untuk itu, yuk kita dukung Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 dan mulai membiasakan mendongengi anak sekeemasan, dini pada saat masa periode keemasan agar anak-anak Indonesia terbentuk karakternya, karena anak yang dibiasakan didongengi akan terbentuk karakternya. Tidak perlu lama-lama atau susah-susah mencari ide, dan saya suka dengan gaya seperti pendongeng Agus PM Toh yang berasal dari Aceh, beliau menceritakan sosok dengan unik yang diiringi oleh irama musik tradisional.


Jangan lupa datang ya, banyak acara spesial juga lho, mulai dari workshop dan pertunjukan yang edukatif seperti Taman Cerita, Pojok Dongeng, Pertunjukkan Dongeng, Bazaar, dan kelas dongeng yang ditujukan untuk menambah dan memperdalam pemahaman tebtang dongeng oleh para pendongeng dalam negeri.

Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 akan diramaikan dengan kehadiran berbagai pendongeng internasional seperti Seung Ah dari Korea Selatan, Sheila Wee dari Singapura, Wajuppa Tossa dari Thailand, Ng Kok Keong dari Malaysia, Craig Jenkins dari UK dan Jeeva Raghunanth dari India serta pendongeng-pendongeng Imdonesia seperti Agus PM Toh dari Aceh, I Made Taro & Gede Tarmada dari Bali, Rona Mentaru dari Jogjakarta, Imam Rojali dari Lampung, Fanny Haurissa dari Maluku, Puppetaria, Rika, Budi Baik Budi, Ariyo dari Ayo Dongeng Indonesia.

Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 diadakan di beberapa kota di aindonesia yaitu Bogor (12 November 2016), Bandung (13 November 2016), Malang (19 November 2016), Surabaya (20 November 2016), Poso (18-19 November 2016), Yogyakarta (26 November 2016) dan Maluku (27-28 November 2016).

Note: Untuk Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 di Museum Nasional Jakarta HTM nya hanya nayar tiket masuk Museum nya saja. Waktunya dari pukul 09.00 - 17.00 WIB.***

Festival Dongeng Internasional Indonesia...Ayo Mendongeng.

Foto: by Pribadi









9 komentar:

  1. Hayooo jangan lupa catat tanggalnya, saya penasaran nih sama festival ini kayaknya seru banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru apalagi klo ngajak anak2 sambil jalan2 ☺

      Hapus
  2. yes aku suak sekali denagn dongeng , saat kecil sering dibacakan dongeng oleh ibuku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba Tira, dateng ke Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 ��

      Hapus
  3. Saya juga dulu pas kecil selalu didongengin sama nenek sy sebelum tdr. Entah kenapa sekarang suka malas kl disuruh mendongeng ke anak. Paling banter ya dibacakan buku cerita saja...

    BalasHapus
  4. Yuk ah kembali mendongeng untuk anak-anak supaya lebih berkarakter lagi mba.

    BalasHapus
  5. Yuk ah kembali mendongeng untuk anak-anak supaya lebih berkarakter lagi mba.

    BalasHapus
  6. Aku juga paling suka ngedongengin anak kecil yang mau bobo, mau ponakan atau siapa kek, dengan senang hati aku dongengin :D

    Salam,
    Pink

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.