Gerakan 1 Juta 'Iya Boleh' Demi Mendukung Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil


Merangsang Kreativitas 

"Bu, ini boleh?" Pertanyaan yang selalu berulang ketika sikecil sedang bermain, seperti iklan saja, memang iya karena anak saya sedang masa nya meniru apa yang dia dengar dan dilihat.

Pada tahu kan iklan "iya boleh"? iya dari situ anak saya timbul ide kalau mau melakukan sesuatu pasti bertanya dulu 'boleh'?

Sebelumnya tidak terpikir kalau merawat dan mengurus anak itu gampang-gampang dulu tahunya anak ini sehat lucu jadi saya suka, padahal dibalik semua itu ada kerja keras para orang tua yang super duper ya, dan saya baru tersadar semenjak punya anak.

Tugas orang tua yang tidak cukup dengan hanya memberi makan saja tetapi rentetan ilmu parenting yang berhubungan dengan anak harus dikuasai agar anak tumbuh sebagai manusia yang berkualitas.



Kamis 7 Februari 2019 kami para emak blogger dan smartmama hadir di event Dancow Advanced Exelnutri+ yang meluncurkan gerakan '1 juta Iya Boleh' yang mengajak lebih banyak orang tua Indonesia untuk semakin sering mengatakan 'iya boleh' sebagai bentuk dukungan terhadap eksplorasi dan sosialisasi si kecil.


Narasumber

Hadir pada narasumber yang ahli di bidang gizi dan tumbuh kembang anak, tentu ini sangat menarik dan bermanfaat buat para orangtua yang hadir saat itu. Pemaparan pertama yang disampaikan oleh Dr. dr.Ray W. Basrowi, Mkk "Balita Indonesia masih belum lepas dari masalah gizi kurang, 28,1% balita Indonesia mengalami anemia dan 30,8 mengalami sunting.


Adapun menurut Ratih Ibrahim, Psikologis klinik adalah cara terbaik yang dapat dilakukan orang tua adalah ikut terlibat dalam proses eksplorasi lebih banyak mengatakan 'iya boleh' kepada sikecil. Jika para orang tua mendorong sikecil untuk bereksplorasi secara tepat sesuai usia dan tahapan perkembangannya tentu akan membantu sikecil untuk mengembangkan lima potensi karakter penting yaitu:

  1. Berani, Explorasi merupakan salah satu cara untuk sikecil berinteraksi langsung dengan lingkungan, sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya, seperti problem solving, decision making dan keterampilan sosial
  2. Cerdas, Melalui eksportasi yang tepat, sesuai dengan tahap perkembangannya, aspek kognitif si kecil dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.
  3. Kreatif, Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas si kecil dapat berkembang dengan baik.
  4. Peduli, Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, si kecil belajar berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, serta meningkatkan toleransinya.
  5. Pemimpin, Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk si kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan si kecil untuk mengambil kontrol akan berbagai hal di sekitarnya.

Aktivitas bermain ''Iya Boleh'

Hemm ternyata gizi dan stimulasi merupakan faktor penting untuk proses tumbuh kembang anak ya seperti yang dikatakan oleh Prof. Dr.dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, pakar nutrisi dan Alvin Wiradarma, Brand Manager Dancow Advanved Exelnutri+ yang menyampaikan bahwa ekplorasi anak harus disertai dengan perlindungan yang tepat. "Ketika anak bereksplor anak harus disertai dengan perlindungan yang tepat. "Ketika anak bereksplorasi, masih banyak tantangan penyakit yang mungkin bisa menggangu. Sebanyak ,41,9% anak Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pernafasan dan 12,2% anak Indonesia masih sering terkena diare.

Nah, kalau sudah begitu kita harus lebih awere ya sama saluran pencernaan, untuk dapat memberi gizi yang lebih baik buat sikecil utama dan yang terpenting adalah menjaga dan memastikan tidak ada masalah dalam saluran pencernaannya. Salah satunya untuk gizi perlindungan eksplorasi anak bisa diperoleh dari bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran cerna, dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Seperti halnya Ussy Sulistiawaty, ibu muda dengan segala kesibukannya tetapi sosok Usy ini tidak melupakan tugasnya sebagai seorang ibu, Ussy sangat dekat dengan anak-anaknya, termasuk menemani Sheva bermain.

Tuh ingat ya buibu kalau anak tidak mau makan jangan asal kasih suplemen lain-lain dulu tapi perbaiki dulu saluran pencernaannya ya. Tiga pilar utama untuk tumbuh kembang optimal sikecil yaitu gizi seimbang, stimulasi tepat dan cinta orang tua.

Yuk kita ikut gerakan '1 juta Iya Boleh' demi mendukung tumbuh kembang optimal si kecil.***







Komentar

  1. Aku juga suka banget sama kampanye Dancow "iya boleh" ini, karena memang kebanyakan ibu sekarang terlalu sering mengatakan jangan, jadi anak malah takut takut kalo memulai sesuatu

    BalasHapus
  2. Wah..kayak yg di imlan tv itu ya mbak..

    BalasHapus
  3. Kadang orang tua ya yg parnoan kalau anak2 mau aktivitas padahal dengan ngedukung dan bilang iya boleh manfaatnya banyak buat tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  4. Maah aku boleh main kotor2
    Iyaa boleeeh...

    Kemudian anak main kotor2 sampai bajunya ga berbentuk baju lagi melainkan tanah semua padahal itu bajunya baru aja dibeli disebua outlet ternama. Bagaimana perasaan bunda? Wkwk

    BalasHapus
  5. Acaranya rame, anak bisa bereksplorasi dan bersosialisasi dengan teman sebayanya, mantap.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Sisi Lain Dari BJ Habibie

Kemudahan Transaksi Dalam Satu Ponsel