Cavendish Pisang Nusantara Yang Berkelas

Pisang Cavendish Sunpride 

Kenal dengan yang namanya buah pisang sejak saya kecil dan terbiasa mengkonsumsinya karena banyak manfaat buat kesehatan, buah yang tidak sulit dijumpai dan tidak mengenal musim karena buah pisang ini bisa berbuah kapan saja.

Cerita dulu setiap hari buah pisang selalu ada dalam kehidupan kami, buah yang sangat terjangkau harganya sangat membantu kehidupan kami yang pas-pasan. Rumah kami yang dulu kebetulan dekat dengan pasar, jadi setiap hari buah pisang selalu nampak karena banyak jongko yang menjual pisang dan harganya relatif sangat murah terlebih jika kita sudah menjadi langganan.

Buah pisang yang pasti ada di setiap rumah dan selalu tersaji di meja makan, menurut orang jaman dulu buah pisang dijadikan sebagai cuci mulut atau makanan penutup, minimnya pengetahuan dan informasi yang didapat membuat orang jaman dulu membiasakan hal tersebut meski sekarang pun masih banyak mengkonsumsi buah sesudah makan, padahal lebih bagus mengkonsumsi buah sebelum makan.

Kandungan buah memiliki karbohidrat seperti halnya nasi, nah seperti pisang yang banyak memiliki karbohidrat sehingga sifatnya mengenyangkan, untuk itu pisang sangat disarankan sebagai buah untuk diet. Sarapan satu buah pisang (tidak dimasak/dicampur dengan apapun) dan boleh makan tiga buah selama gak bikin membuat kita kekenyangan.

Yang lebih dahsyat lagi ada yang saya baru ketahui juga nih tentang pisang, memilih pisang tentu kebanyakan dari kita memilih yang kulitnya terlihat mulus dibanding dengan kulitnya yang sudah timbul bintik hitamnya, padahal pisang yang kulitnya sudah berbintik hitam khasiatnya lebih bagus lho. Pisang yang sugar spot, tinggi khasiat untuk menangkal sel kanker karena menghasilkan zat TNF (Tumor Necrosis Factor) yang dapat menambah sel darah putih, dan dapat mengganti sel-sel darah yang rusak.

Pisang yang sudah matang ditandai dengan bintik-bintik, ternyata banyak bintiknya pisang yang banyak Nutrisinya | dok pribadi

Satu buah pisang 136g, mengandung serat 6%_ pati 5%, vitamin & mineral 2% gula 12%, air 75%.

Tuh kan kandungan air nya ternyata banyak ya padahal kalau dilihat secara kasat mata, pisang memiliki tektur yang padat tapi licin, makanya pisang juga membantu bagi mereka yang kesusahan minum obat, pisang dijadikan sebagai pendorong obat bukan lagi air.

Selain itu juga pisang bisa dijadikan sebagai makanan pendamping ASI, dimana jenis buah-buahan pertama yang kita perkenalkan pada anak  adalah pisang. Ada cerita nih seputar buah pisang, ceritanya saya sedang ngobrol santai bareng tetangga dihalaman rumah, saya memulai percakapan dengan mengemukakan kalau anak saya susah makan, lalu di kasih pendapat lah sama ibu Rahma, kasih pisang aja mba, sekarang gampang tinggal ke supermarket banyak tuh pisang yang warnanya kuning gede-gede, itu buah impor apa yak celetuk ibu Rahma dengan logat bicaranya yang khas.

Kebetulan saya yang sudah tahu kalau Pisang Cavendish itu bukan buah impor melainkan buah Nusantara. Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, Pisang Cavendish banyak dikembangbiakkan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang  hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu Moko akibat Pseudomonas Solanaceanum dan layu Panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

Pisang Cavendish Sunpride ditanam di kebun milik group gunung Sewu yang ada di Lampung. Kulitnya yang mulus dikarenakan perawatan yang maksimal mulai dari pemilihan bibit dan pengemasannya.

Pisang Cavendish Sunpride memiliki beberapa jenis yang dijual dipasaran yaitu cluster, finger dan single. Cavendish cluster terdiri dari 3-8 fingers, Cavendish finger terdiri dari 1-2 fingers sedangkan Cavendish single hanya ada satu finger yang dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur.

Nah, saya yang memang suka ngasih pisang buat anak saya, suka beli pisang Cavendish Sunpride tanpa dikasih tahu ibu Rahma juga hehe, akan tetapi tidak mengurangi rasa terimakasih juga lho atas sarannya, dan setelah dikasih tahu kalau pisang Cavendish itu buah lokal punya, dia pun cuma bisa melongo dan mengangguk setelah mendengar penjelasan dari saya.

Zaman digital gini tidak sulit ya mencari informasi, dan saya tidak terbawa arus untuk mengetahui pisang cavendish itu buah lokal hehe, dan anak saya suka dengan pisang Cavendish dari Sunpride, bawaannya kalau sudah makan pisang suka happy karena pisang mengandung Dopamin dan serotonin yang jika kadar kedua zat di dalam tubuh cukup, maka kita akan merasa senang bahagia dan menghilangkan emosi negatif.

Hmm, kini saya jadi faham juga kenapa dulu orang tua saya gemar ngasih pisang sama keluarganya dan hampir setiap hari yang namanya pisang selalu tersaji di meja makan atau bahkan orang tua jaman dulu menyimpan pisang dengan cara di gantung menggunakan paku di tembok, hihi tradisional sekali bukan? Bagaimana kita tidak tertarik untuk memetiknya coba kalau bentuk penyajiannya saja menarik perhatian mata.

Alasannya cukup sederhana tapi sangat berdampak dimana kini anak cucunya suka dengan yang namanya pisang. Hal yang positif bukan? Jika sejak dini memperkenalkan pisang pada anak otomatis dengan turun temurun pasti menyukainya.

Pisang Cavendish Sunpride | dok pribadi

Pilih pisang? Jangan bingung-bingung pilih sunpride karena 100% buah Nusantara yang berkelas.***

Sumber referensi : Sunpride.co.id







1 komentar:

  1. Pisang Cavendish memang pisang paling enak, legit dan banyak nutrisinya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.