Juli 24, 2017

Imunisasi MR Cegah Buah Hati Dari Penyakit Campak dan Rubella


Ilustrasi Imunisasi MR | foto brosur KemenkesRI

Lagi galau-galaunya tentang imunisasi yang akan di kampanyekan oleh pemerintah bulan Agustus hingga September 2017 yaitu imunisasi MR yang banyak simpang siur di media sosial yang sedang ramai diperbincangkan otomatis membuat saya bingung dan ragu, seperti gayung bersambut air eh ada event 'Temu Blogger Dalam Rangka Kampanye Dan Introduksi MR 2017' langsung aja saya daftar di Blogger Cihuy yang dikoordinasi oleh Buncha alias Bunda Icha.

Temu Blogger di ParkLane Hotel Jakarta

Bertempat di The Park Lane Hotel, Cassablanka, kemenkes menggandeng blogger untuk harapan agar teman-teman blogger bisa ikut mengkampanye kan program pemerintah ini. Sebagai seorang Ibu yang mempunyai anak yang masih batita tentu wajib tahu banyak dong tentang imunisasi MR, dan benar saja saya jadi tambah lagi deh ilmu tentang imunisasi, salah satunya nih yang saya jadi paham tentang imunisasi campak yang dijelaskan oleh dr. Indra dari IDAI yaitu anak mempunyai kekebalan dari ibunya hingga usia 9 bulan, makanya campak diberikan pada saat usia anak 9 bulan dan berlanjut hingga kelas 1 SD dan berlanjut hingga usia 15 thn.

Para Narasumber Temu Blogger

Lanjut ke imunisasi MR, menghadirkan narasumber dr. Jane mewakili dari kemenkes, dr. Indra dari IDAI dan Dr. HM. Asrorun Ni'am Sholeh, MA Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat, tentu saja melengkapi ilmu yang siap kami serap.

Acara pembuka diisi oleh dr. Jane yang memaparkan tujuan penyelenggaraan imunisasi untuk menurunkan kesakitan, kecacatan dan kematian akibat penyakit dapat dicegah dengan (PD3I) dengan menggunakan vaksin.

Kampanye Imunisasi MR

  • Kegiatan imunisasi tambahan, dilakukan secara masal sebagai upaya untuk memutuskan tranmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 li="" tahun.="">
  • Tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya
  • Sifatnya wajib dan tidak memerlukan individual informed consent.
dr. Jane mengatakan bahwa imunisasi campak akan diganti dengan imunisasi MR. Berikut penjelasannya:

Imunisasi Rutin MR
  • Vaksin MR menggantikan vaksin campak pada kegiatan imunisasi rutin
  • Sasaran : Seluruh bayi usia 9 bulan, seluruh anak usia 18 bulan, dan seluruh anak usia SD/MI/sederajat/SDLB kelas 1
  • Dilaksanakan segera setelah kampanye imunisasi MR selesai.
Senada dengan dr. Jane, apa yang disampaikan oleh dr. Indra dari IDAI memaparkan tentang penyakit campak, rubella dan CRS serta mitos dan fakta seputar imunisasi MR.

Bahaya Penyakit Campak
  • Sakit berat -- kematian
  • Tidak mau makan minum -- gizi buruk
  • Diare berat
  • Infeksi paru memperberat penyakit TB paru
  • Radang otak
  • Dapat menimbulkan wabah KLB.
Apa itu Rubella?
Definisi : Penyakit infeksi virus akut, sangat menular yang biasanya berupa penyakit ringan pada anak

Penyebab : Virus Rubella

Cara Penularan : Melalui saluran nafas pada saat bersin/batuk.

Komplikasi berat : bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau pada awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran, kecacatan pada bayi yang akan dilahirkan yang dikenal dengan sindroma rubella konginetal atau Congenital Rubella Syndrome.

Jadi kesimpulannya, imunisasi MR itu penting dan wajib dan tidak benar dengan isu yang beredar efek sampingnya jadi begini dan begitu.

Menurut fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga bahwa imunisasi pada dasarnya dibolehjan (mubah) sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh (imunitas) dan mencegah terjadinya suatu penyakit tertentu.

Dalam hal ini jika seseorang yang tidak diimunisasi akan menyebabkan kematian, penyakit berat, atau kecacatan permanen yang mengancam jiwa, berdasarkan pertimbangan ahli yang kompeten dan dipercaya maka umunisasi hukumnya wajib.

Foto Bersama Blogger dan Narsum | foto by Bucha

Nah, yang masih galau tentang imunisasi MR, semoga artikel ini membantu menenangkan para orang tua untuk mau membawa anaknya ke posyandu atau ke puskesmas bulan Agustus nanti.

Sudah menjadi tangggung jawab bersama untuk melindungi anak-anak kita generasi penerus yang harus kita penuhi hak nya, karena imunisasi juga merupakan salah satu hak dari anak yang harus kita penuhi. Yuk, bulan Agustus nanti kita datang ramai-ramai ke posyandu/puskesmas untuk imunisasi MR.***

Salam Sehat.



















15 komentar:

  1. Campak dan rubella selama ini dianggap penyakit ringan sehingga kurang mendapat perhatian, padahal bila menulari ibu hamil fatal akibatnya. Yuk jadikan anak2 kita sebagai lingkaran sehat bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk sekitarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, ini sdh menjadi tanggung jawab bersama 😊

      Hapus
  2. Alhamdulillah udah nggak galau lagi mak. Ternyata imunisasi itu amat penting bagi populasi kehidupan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, penting banget 😊

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Alhamdulillah, gak galau. September nanti pasti bawa anak anak ke posyandu nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, salam sehat 😊

      Hapus
  4. Tgl 3 Sekar di sekolahannya imunisasi MR ini.

    BalasHapus
  5. di sekolah anakku baru aja diadain nih mbak

    BalasHapus
  6. mudah-mudahan anak-anak sehat semua

    BalasHapus