Menulis Hanya Untuk Berbagi


renimarthadotcom


Mulai membuat blog tahun 2009 lalu, waktu itu sedang merasa sedih karena harus hijrah ke Jakarta yang menjauhkan saya dari keluarga dan teman-teman. Selama adaptasi dengan lingkungan sekitar, hanya dengan online salah satu pelarian kalau itu.

Awalnya kakak saya yang telah bikin blog terlebih dahulu mulai ngasih suntikan semangat agar saya membuat blog juga, lalu tanpa basa basi saya langsung tertarik karena blog selain menyalurkan isi hati juga menambah teman.

Sebagai blog pemula saat itu, senang sekali blog nya ada yang mengunjungi apalagi pengunjung tersebut meninggalkan jejak di kolom komentar jadi saya bisa langsung balik berkunjung ke blog nya dan lama-lama kita jadi kenal dan hal ini menjadi penyemangat waktu itu.

Dulu tidak seperti sekarang, saat kopi darat atau kopdar hanya sesekali itu pun yang tanpa sponsor, tetapi hal itu sangat menyenangkan, karena tidak terbayangkan sebelumnya  dari dunia Maya hingga akhirnya bertemu di dunia nyata.

Seiring dengan pesatnya dunia blogging, mulai perlahan saya mengikuti acara yang melibatkan blogger sebagai undangan, hampir setiap ada undangan saya tidak pernah absen, dari pada waktu luang saya terbuang dengan percuma lebih baik saya ikut acara dan setelahnya saya share lewat tulisan dengan materi yang saya dapat selama menghadiri undangan acara, dan saya selalu menulisnya dengan ikhlas dengan tujuan hanya untuk berbagi.

Mempunyai prinsip dan niat hanya untuk kesenangan sendiri dan menyalurkan hobi menulis, mau dibayar atau tidak dibayar pokoknya setiap habis datang ke acara saya selalu menulis sebagai bentuk penghargaan karena saya telah diundang.

Tidak dipungkiri dan saya tidak menampiknya, sekarang dunia blogging berkembang pesat, nge-blog kini bisa dijadikan sebagai profesi yang menghasilkan rupiah, ini angin surga juga buat saya hihi..ternyata kalau di niatkan Lillahitaala pasti membuahkan hasil dan Alhamdulillah beberapa kali memenangkan lomba blog dengan hadiah yang sangat bermanfaat buat saya.

Dalam rangka ulang tahun Warung Blogger yang 6 tahun, semoga tulisan ini bisa memantik semangat teman-teman blogger agar terus semangat nge-blog, karena blog itu seperti simbiosis mutualisme dimana keduanya saling menguntungkan.

Tip sederhana nge-blog asyik dari saya:

  • Niatkan dengan ikhlas hanya untuk berbagi
  • Bergabung dengan komunitas, selain untuk networking juga bisa sebagai sumber informasi
  • Tidak pilih-pilih event, kalau waktu senggang dan temanya sesuai dihati lebih baik ikut acara meskipun tidak berbayar, karena setiap kita menghadiri event pasti ada ilmunya dan ilmu nya itu pasti akan kita butuhkan suatu saat, misalnya ketika akan mengikuti lomba blog tapi minim info kita bisaenuliskan pengalaman pribadi
  • Ketika di acara, berbaurlah dengan peserta lain tidak hanya bergerombol disatu titik dengan teman-teman yang sudah kita kenal (kesempatan buat networking) lebih terbuka dan selain itu kita bisa fokus menyimak (tidak ngerumpi)
  • Abadikan moment berupa foto atau video 
  • Jika mengikuti seminar, biasanya suka dapat sertifikat, simpan baik-baik karena itu penting bisa memperkuat kalau kita mengikuti lomba dan sekarang sertifikat bisa dijadikan sebagai salah satu syarat kelulusan kuliah lho, kan sekarang banyak seminar-seminar TIK dan lainnya.
Segitu aja sih tips sederhana saya, poin diatas sudah saya praktekan, dan contoh kecilnya ketika saya memenangkan lomba blog Museum Nasional yang diadakan langsung oleh Museum Nasional dengan juri yang melibatkan sejarahwan serta sejumlah juri yang bukan main-main, tidak sangka ternyata saya memenangkan juara ke dua dan ini menjadi Best Blogger Moment yang tidak akan terlupakan dalam sejarah perbloggingan saya.

Memenangkan juara 2 sangat berkesan, karena materi untuk lomba saya dapatkan dari ilmu yang saya dapat ketika saya mendapatkan informasi di sebuah komunitas yang share ada acara di Museum Nasional, karena saya senang dengan sejarah lalu saya mengikuti seminar itu tanpa pikir panjang, pesertanya bukan para blogger, tapi masyarakat umum dan saya berbaur dengan percaya diri haha...

Seperti apa yang saya tulis dari tips di atas di poin ke tiga, ilmu nya akan kita butuhkan suatu waktu, ini benar-benar pengalaman pribadi, saya tuliskan apa yang saya dapat waktu itu dan untungnya foto-fotonya masih saya simpan dengan baik. Yang paling seru jadi blogger itu bisa mengunjungi tempat yang tidak sembarangan orang bisa mengunjunginya disitu saya merasa bangga.

Selanjutnya, tulisan kita tidak cukup disimpan begitu saja tetapi di share agar blog kita dibaca dan dikunjungi, sekarang ada Warung Blogger yaitu sebuah komunitas blogger untuk berbagi informasi, ilmu dan membangun silaturahmi. Didirikan oleh Lozz Akbar pada bulan Mei 2011, berawal dari sebuah grup Facebook hingga kini sudah memiliki ribuan member.

Sengaja dipilih  nama warung bukan restaurant atau cafe sebagai nama grup nya dengan harapan agar tercipta sebuah nuansa yang penuh kebersamaan dan kesederhanaan didalamnya, ya sebuah warung yang siapa saja bisa menikmati segala isi yang ada didalamnya, bukan sebuah cafe atau restaurant yang membuat kita melihat lebih dulu isi dompet. (Sumber: www.evisrirezeki.com)

Wah, bersahaja dan kreatif ya Mimin sama momonnya terlebih uncle Lozz Akbar yang kreatif bingits hihi.  Selamat Hari Jadi Warung Blogger yang Ke 6 tahun, semoga tambah sukses dan teruslah menjadi penyambung tali silaturahim dan penyemangat ngeblog di setiap Link yang yang sudah di Retweet dan di favoritkan.

NB: Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger.








2 komentar:

  1. biasanya sh menulis diblog biar dapet penghasilan dari google adsense,,yah itulah sulitnya ,

    BalasHapus
  2. Tujuan awal aku bikin blog dulu, krn aku pelupa mba :p. Aku suka traveling dan kuliner, tp suka ga simpen semua dokumentasinya. Saat mau kesana lagi, lupa deh apa nama restonya , ato gimana cara pergi ke destinasi A, tempat wisatanya apa aja, dll. Dr situ bikin blog supaya semua pengalaman kuliner dan travelingku ada catatannya.. Eh tp lama2 malah jd dpt banyak temen dr blog :). Bonus yg ga kusangka sih kalo ini :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.