Cintai Tulangmu Untuk Masa Depanmu

Foto by KemenkesRI
Sering tanpa disadari kita selalu menyepelekan hal yang satu ini, yaitu kesehatan tulang, kurang memperhatikan kebutuhan nutrisinya baik dari dalam maupun dari luar dan hal itu bisa menimbulkan osteoporosis atau pengereposan tulang.




Dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Sedunia, Minggu 30 November 2016 bertempat di Taman Kota 2 BSD, @KemenkesRI mengajak masyarakat sekitar untuk senam bersama dan tema untuk Hari Osteoporosis tahun ini adalah Cintai Tulangmu Demi Masa Depanmu.

Acara dipandu oleh dr. Alberta dan diawali dengan kata sambutan dari dr Lily S. Sulistyowati, MM-Direktur P2TM, dr.Fidiansyah, SpKJ, MPH-direktur Pencegahan Masalah Kesehatan Jiwa, dan drs. Sunarna, Mkes-Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan serta Pak Agus Guntur dari Perwartusi.


Tentunya acara ini mendapat antusias dari Masyarakat sekitar yang mayoritas terdiri dari para Ibu, maklumlah karena ternyata wanita lebih besar rentan terkena osteoporosis dibanding dengan laki-laki. Puncaknya usia wanita rentan dengan osteoporosis yaitu di usia 50 tahun, sedangkan laki-laki di atas 70 tahun.

Hemm...mengerikan ya, membayangkan keropos tulang, dimana tulang adalah sebagai tiang untuk menopang tubuh, untuk itu kita harus menjaga kesehatan tulang dari sejak dini dengan melakukan olahraga rutin dan teratur serta mengkonsumsi makanan mengandung kalsium yang terdapat pada susu, tahu dan tempe serta vitamin D yang bisa didapatkan dari sinar matahari pagi. Pemberian kalsium ada baiknya dimulai dari sejak terbentuknya janin hingga usia 20 tahun.


Nah, saya jadi tahu deh seputar osteoporosis dari para dokter yang hadir pada hari itu. Acaranya seru dan postif karena mengingatkan masyarakat tentang osteoporosis, mengajak sehat melalui senam bersama dan sharing dari para dokter.

Semoga kegiatan ini berkelanjutan, Sampai jumpa di event KemenkesRI berikutnya. Salam sehat.***

Foto: dok.pribadi





4 komentar:

  1. wah aku dingatkan lagi untuk konsumsi kalsium, ini sumber kalsium masih aku diemin aja padahal udah dibeli lama banget

    BalasHapus
  2. Yang ikut kebanyakan emak2, bapak nya pada kemana ??? btw mmg osteoporosis banyak menyerang wanita yaa ???

    BalasHapus
  3. Pengobatannya itu lho mba, sekali suntik bisa jutaan

    BalasHapus
  4. Salam sehat! Biar hidup enak sampai akhir hayat. Aamiin

    salam,
    Syanu

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.