Sajian Unik Pindang Gunung dari Pantai Pangandaran

Pindang Gunung | sumber by diciamis com

Pangandaran yang terletak di daerah kabupaten Ciamis Jawa Barat, merupakan kawasan obyek wisata pesisir kebanggaan masyarakat setempat. Obyek wisata pantai dengan sejuta keindahan panorama alam pantai dan hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi sangat terasa wisata pantainya. Tempat yang asyik buat berkumpul dengan keluarga, teman maupun pacar heheee. Menikmati pemandangan laut sambil makan bersama itu yang menjadi khas dan wajib dalam berwisata.

Menggelar tikar di tepi pantai sambil menyantap perbekalan yang kita bawa dari rumah atau bagi yang tidak mau repot masak dan ribet dengan membawa perbekalan, di kawasan pantai ini tersedia berbagai macam olahan kuliner pesisir khas Ciamis. Pindang gunung merupakan masakan khas Ciamis dengan olahan utama bahan dasarnya adalah ikan. Untuk memilih jenis ikan bisa sesuai dengan selera kita, namun saya lebih suka dengan ikan patin karena pindang gunung ini olahannya tidak seperti pindang pada umumnya yang disajikan kering.

Disinilah letak keunikan pindang gunung khas Ciamis ini, pindang yang disajikan dengan guyuran kuah dengan bumbunya yang khas. Salah satu bumbu khas Jawa Barat yaitu menggunakan Honje atau kecombrang yang mempunyai rasa dan bau yang khas tajam dan mencolok, biasanya honje ini digunakan sebagai pelengkap bumbu rujak sehingga meninciptakan rasa asam manis pada kuah pindang gunung. Rasanya eeemmmpppp asam pedas manis bercampur jadi satu, belum lengkap rasanya jika kita berwisata ke pantai Pangandaran kalau tidak mencicipi kuliner pindang gunung.

Ikan merupakan makanan yang kaya protein dan baik untuk kesehatan, nilai gizi yang terkandung dalam ikan patin seperti asal lemak tak jenuh omega-3, selenium dan taurin. Kandungan gizi ikan yang mengandung 16,08% protein serta lemak 5,75%, karbohirdrat 1,5%, abu 0,9% dan air 75,7%.

Berikut adalah beberapa kandungan gizi yang terdapat pada ikan:
  1. Omega-3 untuk proses perkembangan ada otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi sayaraf dan penglihatan bayi.
  2. Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah dicerna.
  3. Kaya akan asam amino seperti asam taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak pada bayi.
  4. Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.
  5. Vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan utuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.
  6. Vitamin B6, membantu metabolism asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
  7. Vitamin B12, untuk membantu sel darah merah, membantu metabolism lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf.
  8. Zat besi yang mudah diserap oleh tubuh.
  9. Yodium utuk mencegah terjadinya gondok dan hambatan pertumbuhan anak.
  10. Selenium untuk membantu metabolism tubuh dan sebagai anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.
  11. Seng yang membantu enzim dan hormone.
  12. Fluour yang berperan dalam menyehatkan gigi anak
Sumber gizi ikan : http://holichaxor.com/serba-serbi/kandungan-ikan-kaya-akan-manfaat.

Sungguh luar biasa bukan kandungan dari seekor ikan ternyata mempunyai segudang manfaat untuk tubuh manusia. Banyak dari kita yang mungkin tidak suka dengan bau amis aroma ikan, namun untuk menyiasati hal tersebut kita harus bisa mengolah ikan tersebut dengan kreasi yang kita inginkan sehingga tidak ada alasan untuk tidak menyukai ikan.

Seperti halnya pindang gunung khas Ciamis yang banyak kita jumpai di kawasan wisata Pangandaran ini yang di racik dengan bumbu rempah sehingga mengurangi tajamnya bau amis dari ikan tersebut. Bagi anda yang hendak berwisata atau ingin merencanakan liburan ke Pangandaran, jangan lupa mencicipi kuliner pindang gunung yang lezat dan menyehatkan. Selamat berwisata pantai dan jelazah gizi di pesisir pantai.***

Salam Kuliner, Met Mencoba :D


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.