April 13, 2013

Internet Sekarang dan Masa Lalu

sumber : digitaltrends

Perkembangan dunia internet di Indonesia semakin pesat dan sangat membawa pengaruh dalam aktivitas sehari-hari khususnya mereka yang mobile. Tidak keren, tidak gaul, tidak mengikuti zaman, dan mungkin akan sangat menjadi orang yang tertinggal seperti halnya orang yang berada di sebuah desa pedalaman sana yang tidak atau kurang fasilitas seperti masyarakat perkotaan. Sedikit cerita pengalan saya tentang pertama kali menggunakan internet. Tepatnya sekitar  tahun 2000an, ketika menginjak di bangku kuliah, ada mata kuliah yang berkaitan dengan internet.




Waktu itu perkembangan internet setahu saya hanya bisa dinikmati oleh para pelajar dan mahasiswa, menjamurnya warung internet (warnet) ini salah satu alasannya, dimana zaman itu warnet selalu dipadati oleh mahasiswa yang sekedar ingin browsing atau mengerjakan tugas dari kampus dan chatting karena zaman dulu ingin chatting saja harus menggunakan PC. Termasuk saya, menjadi pelanggan warnet itu mutlak, tugas dari kampus yang wajib dikerjakan membuat saya harus merogoh kocek dengan membayar Rp 3500,- per jam. Sebagai orang dari keluarga yang pas-pasan zaman dulu mungkin harga tersebut lumayan besar , ya buat ukuran mahasiswa yang belum punya penghasilan.

Mengerjakan tugas itu tidak cukup hanya 1 jam, belum lagi kalau internetnya bermasalah dan waktupun terus masuk dalam hitungan durasi  , bisa memakan waktu 2 sampai 3 jam untuk menyelesaikannya. Sambil menyelam minum air saya selalu meluangkan refresh dulu untuk chatting dan cek/ kirim/ membalas email kepada teman atau keluarga yang jauh di sana. Hal ini membuat saya terbantu untuk mengobati kerinduan saya terhadap mereka. Ternyata penggunaan internet jika kita bijak memakainya, banyak hal yang bisa kita peroleh berbagai sumber informasi, lebih efisiennya waktu karena tidak membutuhkan waktu lama untuk berkomunikasi di dunia maya.

Banyak hal yang didapat dari mata kuliah internet yang saya pelajari, hingga akhirnya saya mengenal dunia blog,  sejenis buku harian online yang bisa  kita share pada publik entah itu tentang pengalaman pribadi atau cerita yang bisa menginspirasi bagi pembacanya. Memulai blogging tahun 1999 tentu masih terkendala dengan jangkauan internet yang terbatas, sangat beruntung di tempat saya bekerja difasilitasi internet. Lalu saya gunakan kesempatan baik ini untuk berselancar di dunia maya, disela jam istirahat atau lagi tidak ada kerjaan, saya luangkan waktu untuk menulis blog. Sering postingan saya tersimpan di draff karena tidak mau kerjaan saya terbengkalai, rasa sedih dan sakit jika mengenang hal itu, bayangkan jika kita lagi semangat berkreativitas namun terkendala oleh sesuatu hal atau tidak adanya fasilitas untuk meneruskan kreatifitas kita di rumah.

Jika hari libur tiba, hal ini seakan kiamat bagi saya karena saya tidak bisa memakai internet dengan tenang dan nyaman. Dengan terpaksa warnet menjadi sasaran target pilihanku meski saya tidak betah berlama-lama saya paksakan untuk update post  selama 1 sampai 2 jam. Seiring dengan kemajuan zaman, era digital kini orang menyebutnya, dimana berbagai aktivitas sehari-hari mayoritas masyarakat Indonesia lepas dari yang namanya internet. Informasi bisnis, karir, teman dan lain-lain semua berkaitan engan internet. Zaman sekarang jika kita tidak mau jadi orang tertinggal atau ingin sukses, setidaknya kita harus mobile. Menjadi pengguna internet sudah merupakan hal yang wajib dan mutlak di saat ini.

Dengan alasan serba instant, kita bisa memperoleh informasi atau memberi informasi dengan udah dan cepat.  Maraknya bisnis online memaksa kita untuk menjadi pengguna internet setia. Beruntung jannkauan internet sekarang mudah di dapat dengan harga yang relatif terjangkau kiini kita bisa menikmati internet dimana dan kapapun kita berarada. Cara lama yang hanya bisa menggunakan internet dengan pc saja, kini via ponselpun bisa. Mulai ponsel dari kisaran yang paling murahpun sekarang bisa online meskipun hanya terbatas kapasitasnya tapi lumayanlah tidak terlalu teringgal, masih bisa untuk buka face book dan twitter.

Aktivitas kerja saya yang pasti dan selalu membutuhkan internet otomatis harus didukung dengan fasilitas yang tidak cukup hanya untuk gadget saja tetapi pendukung koneksi  yang kuat dan lancar sebagai sarana yang mutlak untuk dipenuhi,  karena tidak setiap saat saya berada diruangan. Ada kalanya meeting dengan klien di luar atau mendadak harus membeli kebutuhan kantor disela jam kerja. Perusahaan tempat saya bekerja ada keterkaitan dengan perusahaan luar negeri, otomatis setiap hari saya harus online untuk memantau kalau sewaktu-waktu ada email masuk atau permintaan barang yang harus segera saya tindak lanjuti.

Sekarang, semua itu tidak menjadi beban karena mudahnya fasilitas yang ada di sekitar kita yang menyediakan jaringan super wifi. Disini saya harus pandai-pandai memilih tempat pertemuan dengan klien atau jika jam kerja kita harus membeli kebutuhan kantor yang mendadak harus di beli, biasanya saya memilih mall atau titik yang ada jaringan super wifi nya. Jadi kita bisa memantau dan langsung membalas jika ada kontak email dari klien, sehingga mereka tidak menunggu lama untuk menunggu jawaban, dan aktivitas kita tidak terhambat meskipun kita tidak sedang berada di ruang kerja dan tidak tergantung sama PC dan jaringan internet yang stabil.

Kini Indosat SuperWifi hadir juga di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), sebagai dukungan untuk tempat wisata kebanggaan bangsa Indonesia .  Indosat SuperWifi tersebar di seluruh titik wilayah TMII yang mempermudah pengunjungnya untuk share informasi kepada masyarakat luas seputar TMII. Karena pengaruh sosial media yang cukup kuat terhadap berita atau informasi yang diberikan sangat cepat untuk direspon.

Dengan hadirnya  indosat super wifi di berbagai ratusan titik, kini aktivitas blogging sayapun tidak terhambat jika ingin langsung update post langsung untuk berbagi informasi atau share pengalama atau tentang kejadian di sekitar kita saat itu juga. Seperti pengalaman saya ketika di TMII ketika ingin langsung share kegiatan dan mengenai apa saja yang terjadi di sekitar,  waktu itu bertempat di museum Asmat, dengan menggunakan fasilitas jaringan indosatsuperwifi, jaringannya yang stabil dan wusshh nyaris tidak berasa saat searching karena kecepatannya seperti dalam film flash seketika sudah berada di halaman yang kita cari, akeses jaringan indosat super wifi yang berada di TMII ini tidak hanya bisa dinikmati didalam ruangan saja, tetapi di luar rungan pun  kita masih bisa menikmatnya.

Kemudahan, kecepatan dan efisien waktu dan penghematan financial dari indosat super wifi selalu mengingatkan saya diwaktu saya dulu sangat kesulitan untuk mendapat internet. Kini kita bisa menikmati akses ini dengan gratis, pastikan kita menggunakan indosat dan pulsa tidak akan terpotong pada saat kita menggunakan super wifi, akses internet dengan kecepatan 20 Mbps dimanapun Indosat Wifi Hotspot berada, seperti mall, rumah sakit, gedung, sekolah, dan lain-lain.

Cara mengaktifkannya sangat mudah, tanpa perlu mengisi username dan password kita langsung dapat menikmati layanan Indosat Super Wifi. Untuk lebih jelasnya setting aktivasi Indosat Super Wifi di Smartphone, klik www.indosat.com/superwifi.

Dengan adanya layanan tanpa batas dari Indosat Super Wifi tentu sangat membantu aktivitas saya yang selalu membutuhkan akses jaringan internet. Kemanapun saya melangkah, selalu untuk memilih tempat yang ada fasilitas wifi seperti layanan dari Indosat Super Wifi. ***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar