Misteri Planet Mochi Dan Hilangnya Planet Uranus


Hai semuanya, masih dalam situasi pandemi semoga kita sehat selalu dan tetap semangat menjalani hari-hari. Memang sulit menjalani hidup dengan segala keterbatasan ruang yang memaksa kita untuk tetap berada di rumah terlebih buat para emak yang masih punya anak kecil dan tentu tidak mudah untuk selalu menekankan mereka supaya tidak banyak beraktivitas di luar rumah dulu.

Seperti yang saya rasakan, punya anak yang semestinya banyak aktivitas di luar namun karena pandemi sebisa mungkin saya ngasih pengertian kalau sekarang lagi pandemi dimana penularan virus Covid 19 yang harus kita hindari dan salah satunya dengan tetap berada di rumah. 

Syukur alhamdulillah, punya anak yang super pengertian terbukti dari mulai pandemi melanda Indonesia sejak Bapak Presiden Jokowidodo mengumumkan Corona sudah memasuki Indonesia, dengan otomatis kami stop kegiatan di luar, kami keluar hanya sesekali itu pun bisa di hitung dengan jari, hanya jogging dan sekedar di sekitaran rumah, itu pun dengan prokes yang selalu kami terapkan.

Ketika anak-anak seusianya terdengar main di luar, kadang-kadang dia minta main keluar dan kalau saya lagi mood, saya ijin kan dia keluar dengan pengawasan saya dan tidak mllupa memakai masker tentunya dan hanya se jam paling lama karena mamaknya cape kalau harus tetap ngawasin hehe, itu bisa di hitung jari ya selebihnya doi selalu anteng bermain di rumah dengan hobi nya menggambar dan bereksplor hal baru yang menurut dia menarik.

Selalu ada perasaan bersalah ketika tidak menginginkan anak untuk bermain di luar, tapi apa boleh buat, kami hanya ikhtiar ingin tetap sehat dan untuk sementara waktu saja kami tidak banyak aktivitas di luar demi saling menjaga dari penularan virus yang semakin ke sini banyak virus varian yang penularannya cepat sekali.

Kemarin-kemarin sebelum hari raya kami sudah sedikit berani keluar sesekali (itu pun jarak dekat bmsaja) , tapi kali ini hiks kami harus tetap di rumah lagi, tapi tak apa supaya dunia cepat pulih kembali. Ya sudah kita kembali ke laptop ya haha.

Jadi gini ya, bermula dari mengenalkan buku luar angkasa waktu usia dia menginjak 4 tahun, nah disitu deh mulai tertarik dengan gambar-gambarnya dan penasaran dengan banyak melayangkan pertanyaan-pertanyaan. Tapi sebelum dia bertanya juga sudah di kasih tahu sih nama nama planet sesuai urutan dan sifatnya.

Semakin kesini semakin tertarik dia mempelajari planet dan suka berimajinasi lewat gambar dan selalu di praktekkan dengan apa yang ada di sekilingnya. Singkat cerita, ketika saya buka instagram lalu menemukan info di instagram nya kumpulan emak-emak Blogger yang mengajak Liburan Ke Planet Mochi bersama Paddle Pop. 


Saya langsung menawarkan si kecil untuk memilih tema main ke Planet Uranus bersama Nana Mirdad, so tak dia menjawab kenapa ke Planet Uranus, dingin banget lho soalnya dia itu seperti raksasa es, (seketika saya diam dan mikir ko dia tahu karakteristik dari Uranus ya) lalu saya dengan sigap menjawabnya lagi, gak apa-apa ini kan cuma bermain secara virtual (karena mungkin di pikirannya bermain beneran ke Planet nya hahaha). Setelah dia mendengar penjelasan kalau ini bermain secara virtual, seperti gayung bersambut air langsung aja cuss daftar untuk dapetin link zoom nya dan semudah itu anak-anak bisa belajar dan bermain di rumah saja.

Bahagia itu sederhana

Yes, menciptakan bahagia itu tidak bisa diukur dengan materi, dengan kebersamaan, bermain bersama saya rasa itu sudah luar biasa manfaatnya karena bisa membangun bonding kedekatan antara orangtua dan anak.

Begitu exitednya saya untuk segera mendaftar Liburan Ke Planet Mochi bersama Paddle Pop, sudah kebayang juga antusias bocil karena akhirnya bisa belajar planet dan berkreasi bareng teman-teman lainnya di meeting zoom.

Sewaktu mendaftar, tidak ada kendala sedikit pun, semua dipermudah (alhamdulillah) tanpa kendala apapun. Cukup klik yang ada di bio Paddle Pop_idn lalu mengisi formulir dan langsung ada pemberitahuan by WhatsApp, yes akhirnya berhasil mendapatkan link meeting zoom Liburan Ke Planet Mochi bersama Paddle Pop.


Sengaja saya memilih di tanggal 10 karena bintang tamu nya Nana Mirdad dan tema nya pun menarik dan karena ada hal baru yang belum dia ketahui yaitu planet Mochi. Nah, disinilah Program Bermain Yuk bersama Paddle Pop memberikan tantangan kepada teman-teman kecil supaya bisa memecahkan misteri planet Mochi ini. Tambah seru kan? Lanjut lagi yuk! 

Akhirnya tiba juga tanggal 10 dan begitu antusiasnya dia bangun pagi dan rela menunggu jam 10.00 depan laptop. Begitu acara dimulai dia nyimak paparan dari Bu Guru Azka juga Kak Arina dan sepertinya mengikuti karena setiap ada pertanyaan dia selalu menjawab dan tentu nya dengan jawaban benar ya hehe.

Bermain Bersama Mungilmu

Tiba waktunya kita bermain, ini yang paling seru buat bocil secara waktu usianya 4 tahun dia berkreasi menyusun planet dengan menggunakan peralatan yang berada disekitarnya loh dan itu murni atas imajinasi nya sendiri, seperti gambar dibawah ini ya. 

Ini Karyaku , Tata Surya 

Sesi pertama bermain kira diajak untuk menyusun tata surya, ini yang si kecil suka banget karena sudah hafal urutannya dan  sekarang lebih bagus property nya karena free tinggal download di printable Liburan ke Planet Mochi, tinggal gunting lalu disusun sesuai urutan nya, seru kan ya kita aja yang dampinginnya seru apalagi anaknya, duh makasih ya Paddle Pop sudah ngajak liburan dan bermain bersama. 


Begitu semangatnya si kecil bermain bersama Paddle Pop, sampai - sampai dia mau bikin sendiri garis orbitnya dan menempel planet yang sudah digunting oleh saya. Ketika dia hendak menempel planet uranus yang tidak tersedia di printables yang sudah diberikan ternyata dia merasakan ada yang kurang karena planet uranus nya tidak ada. Ternyata setelah nyimak Bu Guru Azka memang sengaja planet uranus nya menjadi misteri yang harus kita cari keberadaannya, di sinilah tantangan seru nya yaitu mencari planet Uranus yang masih menjadi misteri. 

Manfaat permainan ini adalah belajar kerjasama bersama keluarga (aspek sosial) dan mengenal sains dengan seru saat menyusun planet di setiap garis orbit.

Selesai menyusun tata surya, lalu kami lanjut dengan membuat Roket sedotan, kita tinggal menggunting roket yang ada di kertas printable lalu belakangnya di tempel dengan gulungan kertas untuk menyelipkan sedotan, dan roket tinggal di Tiup untuk terbang ke luar angkasa. 

Misteri Planet Mochi

Nah sesi ini juga paling seru loh, dimana para peserta bermain yuk bisa melihat planet-planet yang ada di printables seperti tampak nyata dengan cara menginstal aplikasi pembaca augmented reality Assemblr, caranya klik icon SCAN lalu search @planetmochi di kolom pertanyaan "whose  marker you want to see" lalu arahkan ke gambar planet dan QR code yang ada. Kenapa ini bisa dikatakan paling seru? Karena dengan menjelajah planet satu ke Planet lainnya dengan cara scan gambar melalui aplikasi Assemblr dan seru banget ternyata, gambar yang kita scan seperti nyata bergerak-gerak dan bisa kita mainkan lho, ini juga untuk bisa memberi petunjuk dan menjawab tantangan keberadaan planet Mochi yang masih menjadi misteri .

Tantangan Mencari Planet Mochi Dan Mengembalikan Planet Uranus

Yes, waktunya tantangan untuk mencari planet Mochi dan bagaimana caranya untuk mengembalikan planet Uranus yang hilang. Setelah di scan satu per satu dan hasilnya selalu bukan planet Mochi yang kami cari, dengan ketelitian dan penuh dengan kesabaran akhirnya kami menemukan planet Mochi dan singa Paddle Pop itu ada di planet uranus. Wah jadi seru nih ketika sudah menemukan planet uranus. 

Yeay akhirnya kami semua senang karena sudah menemukan planet Uranus, nah tantangan berikutnya bagaimana caranya untuk mendapatkan planet Uranus, dan ahaaa... Akhirnya kami punya ide kreatif.

Mau tahu? Aku kasih tahu ya, kan ada es krim Mochi dari Paddle Pop yang bentuknya bulat dan kenyal seperti Mochi, nah kita bisa Kreasi kan dengan cara mewarnainya dengan pewarna makanan warna biru, karena planet Uranus warnanya biru dan sangat dingin karena posisi yang jauh dari Matahari juga komposisi atmosfernya yang terdiri dari es membuat Uranus memiliki suhu yang sangat dingin yaitu sekitar - 224,2 derajat celcius. Jadi cocok kan kalau Paddle Pop Mochi bisa kita jadikan Planet Uranus yang hilang. 

Uranus berasal dari nama latin untuk dewa nama dewa Yunani adalah planet ketujuh dari Matahari. Uranus yang memiliki jari - jari terbesar ketiga sekaligus massa terbesar keempat di tata surya. 

Ciri-ciri planet Uranus adalah ia mempunyai jarak dengan Matahari sekitar 2,9 miliar kilometer. Waktu rotasinya adalah 17 jam dan waktu revolusi ya 84 tahun. 

Karakteristik Uranus adalah berwarna biru muda, memiliki 27 satelit alami dan planet Uranus memiliki cincin secara vertikal. Nah itu dia kita juga jadi sedikit flashback ya mengingat pelajaran tata surya dulu yang sering lupa urutannya, haha. Tapi si kecil ini lho bisa sampai hafal sama urutan dan karakteristik dari setiap planet,ya meskipun tidak secara detail tapi intinya dia sudah hafal, seperti yang ada di video yang saya rekam ketika dia menginjak usia lima tahun. 

Buat saya Program Bermain Yuk bersama Paddle Pop ini seru juga lho, tidak membosankan karena kegiatannya bermain sambil belajar sains dan manfaat dari permainan ini adalah stimulus kognitif, kreativitas dan wangi, rasa, warna dan suhu es pun menjadi stimulus sensor yang penting untuk anak. 

Tantangan Itu Penting

Kenapa tantantangan itu penting? Karena dengan tantangan membantu kita mengembangkan atau belajar keterampilan baru yang akan membantu untuk mengatasi masalah tertentu dan melatih sikap untuk menjadi lebih bijak. 

Moms begitu banyak ya manfaat dari #PaddlePopMainYuk ini, bukan hanya sekedar bermain tetapi banyak membantu kita untuk tumbuh kembang anak melalui cerita, tantangan dan kreativitas. 

Setelah mengikuti PaddlePopMainYuk, saya jadi membuat list atau jadwal bermain untuk anak supaya dia tidak bosan, ya salah satunya dengan aktivitas yang melibatkan kerjasama keluarga seperti apa yang telah Paddle Pop canangkan yaitu membuat kreativitas permainan seperti di atas dan ini lah hasil karya anak saya selama mengikuti kegiatan main yuk bersama Paddle Pop tanggal 10 Juli 2021.

Hasil Kreativitas "Bermain Yuk" 

Selayang Pandang Paddle Pop

Sepengetahuan aku tentang brand PaddlePop selain es krim yang banyak disukai anak-anak dan tidak terkecuali saya yang sudah tidak muda lagi, sangat familiar dengan jingle "Paddle Pop Paddle Pop Super super yummy", hayo ada yang hafal gak lagu itu? 

Dan menurut saya nih ya Paddle Pop ini sudah banyak menginspirasi imajinasi anak lewat berbagai cerita petualangan dan film animasi. Ya terbukti kalau kita ke salah satu tempat wisata ada tuh pertunjukan film animasi persembahan Paddle Pop, keren ya. 

Salah satu daya tarik Paddle Pop ini dari segi rasa yang seperti rasa asli, warna-warnanya yang selalu menarik dan yang tidak kalah penting yaitu standar nutrisi yang dibutuhkan anak-anak sesuai dengan standar Who terbuat dari susu dan buah, rendah gula (tidak lebih dari 12 gram per sajian) dan kalori (tidak lebih dari 110kkal per sajian) makanya es krim ini cocok buat cemilan anak sesuai dengan logo nya "Cemilan Baik Untukmu". 

Oke guys, sekian pengalaman ikutan PaddlePopMainYuk saya bersama si kecil yang merupakan momen berharga buat kami, karena situasi pandemi seperti sekarang anak-anak butuh bermain dan hiburan. Beruntung kita hidup di jaman teknologi, jadi semua bisa kita dapatkan dengan mudah. Tidak bisa dipungkiri kalau mobilitas sekarang tidak bisa lepas dari gadget, tapi dibalik itu semua PR orangtua sangat besar untuk mengawasi dan mendampingi anak ketika menggunakan gadget jangan sampai disalah gunakan.

Sisi positif nya kita merasa terbantu ketika berada pada situasi pandemi seperti ini, meskipun di rumah saja tapi kita tetap bisa terhubung dengan teman-teman dan bermain bersama seperti kegiatan Paddle Pop yang mengajak kita liburan ke Planet Mochi.


Anak saya merasa senang sekali dengan kegiatan ini, mengingat dia sudah mengenal planet dan mempelajarinya terus ada kegiatan yang berkaitan dengan yang dia suka jadi ya alhamdulillah merasa tersalurkan dan menambah wawasan lagi tentunya. 



Tidak terasa waktu sudah menjelang siang, artinya "PaddlePopMainYuk" segera berakhir dan para astronot pun bersiap-siap memakai helm dan terbang bersama roket untuk Liburan Ke Planet Mochi. Sampai jumpa di Program #PaddlePopMainYuk berikutnya. ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Store Tour Harga Teman Giant Bareng Meisya Siregar

Mengenal Lebih Dekat Keberagaman Dan Indahnya Alam Papua