Serempak Di Hari Blogger Nasional

Berbicara masalah seputar perempuan seolah tidak ada habisnya, mulai dari kekerasan rumah tangga sampai dengan pelecehan sexual kerap menghiasi berita. Saya sebagai perempuan sangat prihatin melihat data yang mencengangkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara terbesar dengan korban perdagangan manusia.

Bertepatan dengan Hari Blogger yang jatuh pada tanggal 27 Oktober kemarin, @SerempakID mengadakan Talkshow The Power of Content di Binus Fx Jakarta dengan tema 3ends yaitu program dari kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Peelindungan Anak yang menjadi program utama Menteri Yohana untuk mewujudkan negara yang ramah pada perempuan dan anak.


Serempak adalah konten yang membahas seputar perempuan dan anak, dimana permasalahan ini harus kita dukung lewat tulisan yang bermanfaat dan tidak hanya memuat berita negatif saja.

Karena menurut Maman Suherman salah satu narasumber saat itu, mengatakan bahwa wanita juga perlu berita, jadi jangan hanya gosip saja tetapai harus diimbangi dengan sosok perempuan yang menginspirasi misalnya kan banyak juga keberhasilan yang diraih oleh perempuan.

Acara santai dibalut dengan nuansa nasionalis, kali itu benar-benar membuka mata hati saya, dimana teman-teman blogger perempuan yang datang saat itu menurut saya benar-benar power, tidak hanya melaksanakan tugasnya sebagai seorang ibu atau istri namun mereka juga selalu haus ilmu hingga rela datang dengan membawa sikecil yang menurut saya itu melelahkan dan merepotkan, namun demi profesionalisme seorang blogger semua di jalani tanpa beban, dan sepertinya enjoy karena sudah terbiasa.

Coba bandingkan dengan perempuan diluar sana, mungkin ada ditemui perempuan-perempuan yang doyan gosip dan kepoin masalah hidup orang, mereka sibuk mencari berita bahan gosip utk disebarkan di grup wa, hingga tak jarang banyak menuai konflik. Jujur saya prihatin jika keadaannya demikian, ingin rasanya mengalihkan perhatian mereka pada sesuatu hal yang positif karena kejahatan pada perempuan bisa terjadi karena minimnya pengetahuan sehingga mereka tidak tahu harus bagaimana bertindak.

Seperti apa yang dikatakan oleh salah satu narasumber @aniringo yang mengatakan banyak terjadi pelecehan bagi perempuan, misalnya dengan membuat judul tulisan yang menyudutkan perempuan yang menurutnya itu tidak etis.


Lepas dari masalah perempuan, @aniringo membahas tips menjadi seorang blogger yang profesional, salah satu diantarnya adalah HardNews: reporting, 5W1H dan FeatureStories.

Perjalanan blogging dari seorang @aniringo dimulai dari sejak tahun 2008, melalui kecintaannya menulis hingga seperti sekarang tentu banyak perjuangannya hingga akhirnya berbagai kesempatan datang untu menjadi narasumber di tingkat ASEAN, dan itu menjadi kabanggaan tersendiri.

Berkutat di era digital, bukan hanya skill menulis yang dibutuhkan tetapi juga personal branding, seperti yang bu Ina katakan bahwa personal branding itu penting, tekhnik bagaimana agar tulisan kita banyak dibaca dan orang suka dengan website kita.

Salah satunya dengan mencari sesuatu nama web yang unik atau theme yang menarik juga font yang berpariasi tidak melulu times new roman.


Hari itu benar-benar bikin melek mendengar paparan yang diberikan narasumber, ilmu dan networking tidak bisa dipisahkan di zaman seperti sekarang. Sesuai dengan tema The Power of Content acaranya benar full ilmu yang bermanfaat. Sampai ketemu di event @SerempakID selanjutnya.***




3 komentar:

  1. Iya setuju. Acara serempak ini sarat dengan ilmu dan informasi yang bermanfaat banget

    BalasHapus
  2. setuju mba, jauhi gosip dan kepo yang nggak jelas itu heheh...lebih baik sharing hal-hal yang bermanfaat aja yaa..

    BalasHapus
  3. full ilmu ya mba, jadi asik acaranya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.