Sumpah Pemuda Semangat Jiwa Muda Untuk Indonesia Yang lebih Baik

Ilustrasi Pemuda Indonesia| sumber republika co id

Sumpah pemuda yang selalu diperingati setiap bulan Oktober merupakan bukti otentik lahirnya bangsa Indonesia tepatnya pada tanggal  28 Oktober 1928 yang merupakan hasil dari perjuangan rakyat Indonesia pada masa penjajahan terhadap kaum kolonialis selama ratusan tahun. Menurutku pemuda jaman dulu lebih mencintai bangsanya, tidak memikirkan pribadi mereka punya semangat yang tinggi untuk menjunjung persatuan dan kesatuan demi tercapainya kemerdekaan Indonesia. Tanpa pamrih, berjuang dengan mempertaruhkan nyawa demi sebuah kemerdekaan.

Kini Indonesia telah Merdeka kita bersyukur hidup di jaman masa kemerdekaan, lantas apakah sesudah merdeka kita hanya tinggal menikmati saja tanpa berbuat sesuatu karena sudah merasa cukup? Tentu tidak, perjuangan harus tetap dilakukan sampai kapanpun. Indonesia kini dikenal sebagai penduduk terpadat didunia, segudang problematika yang seolah tidak ada titik temunya karena masyarakat yang selalu acuh atau mungkin tidak fahamnya tentang arti merdeka yang sebenarnya.

Banyaknya pengangguran dan nikah pada usia dini maka timbul permasalahan baru yaitu ledakan penduduk sehingga tidak meratanya perekonomian yang mengakibatkan terlantarnya generasi penerus anak bangsa sehingga menimbulkan kekurangan gizi, eksploitasi terhadap anak, kekerasan pada anak yang marak terjadi hingga berujung pada kematian dengan alasan "anak adalah beban". Rasa prihatin terhadap mayoritas masyarakat Indonesia yang tidak berpikir panjang dan merencanakan hidup di masa mendatang.

Menyambut hari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober, ada tiga sumpah untuk Indonesia lebih baik.
  1. Tidak memutuskan menikah sebelum mendapatkan pekerjaan.
  2. Dua anak cukup.
  3. Berpedoman pada Bhinneka Tunggal Ika
Penjelasan yang pertama seperti kita ketahui, bahwa mayoritas dari masyarakat kita lebih memilih menikah dengan tanpa perencanaan yang matang, tidak heran peran orang tua selalu diikut sertakan, hal ini tentu tidak mendorong kita untuk mandiri dan berjuang untuk mendapat hidup layak. Bagaimana bisa memajukan bangsanya, sedangkan untuk keluarganya saja masih belum bisa.

Yang kedua, banyak dari kita yang menganggap bahwa banyak anak banyak rejeki menurutku itu keliru. Program pemerintah untuk mencanangkan Keluarga Berencana (KB) merupakan bagian untuk Indonesia lebih baik, jika kita melihat tiap sudut berdiri bangunan sekolah, perkuliahan berapa anak bangsa yang siap berjuang untuk mencari pekerjaan, akan berhasilkah semua? Atau mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk bisa mengenyam bangku pendidikan, hal inilah yang akan menimbulkan kebodohan dan kemiskinan. Dua anak cukup yang terpenting pendidikannya bisa sampai jenjang tinggi hingga peran kita sebagai orang tua bisa mencetak generasi anak bangsa yang berkualitas.

Yang ketiga, Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan dari bangsa kita yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Saya yakin banyak orang yang tidak tahu atau mungkin tidak faham Bhineka Tunggal Ika, itu sebabnya sekarang bangsa kita lebih cenderung memikirkan pribadi sehingga tidak tercipta rasa  persatuan dan kesatuan. Rasa nasionalisme yang kurang tidak jarang dari kita sedikit demi sedikit melunturkan adat dan istiadat bangsanya sendiri karena bebasnya kebudayaan asing yang masuk ke Negara kita.

Sebagai pemuda Indonesia, mari kita bangun untuk Indonesia yang lebih baik karena nasib bangsa Indonesia ada ditangan kita. Jika kita bisa menerapkan mulai dari tiga hal kecil seperti yang diatas maka insya Allah Indonesia menjadi lebih baik dengan sukses mencetak generasi berkualitas.***


Komentar

  1. Dear Vloggers,
    Tolong kirim data-data berikut untuk kelengkapan lomba blog Neo Sumpah Pemuda, dan kirim ke rizal.maulana[at]viva.co.id dengan di beri subjek "Neo Sumpah Pemuda" Username VIVAlog, Judul Blog, Link Blog, Nama Lengkap, Alamat, No Telp.
    Trims.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Ke Tetangga Bersama Wipol Aksi Anti Kuman

Kemudahan Transaksi Dalam Satu Ponsel

Khasiat Buah Delima untuk Kaum Wanita