Jakarta Punya Pulau Cantik dengan Sejuta Pesona

Island | sumber viva.co.id

Pergi ke pulau merupakan mimpi bagi para travelling dan backpacker, menjelajah khatulistiwa hal yang tidak salah dan sangat wajar sebagai manusia yang selalu kagum dengan ciptaan yang Maha Kuasa. Salah satu pulau yang menawarkan sejuta pesona untuk berada di tempat ini adalah pulau seribu, hamparan pemandangan alam dan keindahan laut yang menakjubkan tampak di pelupuk mata. Laut biru yang membentang luas dengan hamparan pasir putih dan berbagai macam ekosistem karang yang unik  seperti terumbu karang, ikan hias, dan ikan konsumsi, tumbuhan laut dan darat , molusca, penyu , mangrove dan lain-lain semua tampak dari permukaan membuat mata kita yang melihatnya takjub akan kebesaran Tuhan.

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu merupakan kawasan pelestarian alam bahari yang terletak di kawasan sebelah utara Jakarta. Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu yang tersusun oleh ekosistem pulau-pulau  sangat kecil dan perairan laut dangkal sehingga kawasan ini aman dijadikan tempat untuk diving. Ada sembilan pilihan Island yang tersaji di pulau ini, diantaranya adalah Bidadari Island, Ayer Island, Putri Island, Sepa Island, Pantara Island, Kotok Island, Pelangi Island, Tidung Island, dan Pramuka Island.

Namun ada saran dari saya jika hendak berwisata ke pulau namun terkendala sama masalah biaya, berikut tips nya :
  • Ala backpakeran atau secara rombongan, karena menurut saya wisata ke pulau akan berkesan kalau pergi beramai-ramai kecuali jika hendak bulan madu lain ceritanya hehee.
  • Cara Backpaker ini kita tinggal terima beres , karena semua di handle oleh panitia.
  •  Masalah biaya, ini salah satu yang terpenting, kita bisa berhemat pengeluaran atau kita bisa search tentang promo karena pada waktu tertentu pasti suka mengadakan harga promo.
  • Kalau bingung nyari teman backpacker, kita tinggal search komunitas yang hobi travelling, dari situ kita bisa mendapat informasi backpacker dan carilah yang sesuai dengan tujuan kita.
  •  Selain mengasyikan, gabung bersama para backpacker juga bisa menambah pertemanan, kita serasa berwisata bersama keluarga karena satu sama lain saling membantu jika dalam perjalanan terjadi sesuatu, dan lain-lain.
Berwisata ke pulau rasanya belum lengkap kalau tidak diving, menyelam menjelajah ke dalam laut untuk menikmati pemandangan ekosistem laut yang begitu menawan merupakan kesan dan kepuasan tersendiri, salah satunya kita bisa mengunjungi Kotok Island  pulau yang dikenal sebagai pulau bagi para penyelam. Pantai yang indah, terumbu karang yang bagus serta laut yang bersih dan mempunyai fasilitas seperti Berkano, dan snorkeling menjadi daya tarik tersendiri sebagai pemandangan yang benar-benar alami.

Pulau Kotok Besar | sumber paket pulauseribu wisatacom

Wisata Kepulau Seribu yang membentang sepanjang 100 mil dari Teluk Jakarta, gugusan kepulauan yang berjumlah 110 pulau besar dan kecil ini terbagi atas pulau wisata konservasi, pemberdayaan masyarakat dan  |sejarah karena masing-masing mempunyai keunikan yang berbeda-berbeda.

Berbicara tentang kepulauan seribu, pulau ini tidak hanya menawarkan surganya pemandangan laut yang eksotis, Yang menarik dari kepulauan seribu ini adalah tidak seperti pulau-pulau lainnya dimana penduduk sekitarnya belum dilengkapi dengan fasilitas daerah wisata yang lengkap tetapi penduduk sekitar pulau seribu ini juga sangat diperhatikan pemberdayaannya, mulai dari dialiri listrik, penginapan yang memadai dan lain sebagainya.

Pentingnya memfasilitasi penduduk sekitar daerah tempat wisata sangatlah penting, tidak hanya untuk kepentingan bagi para wisatawan saja namun hal ini secara tidak langsung bisa membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar. Salah satu contohnya penduduk Pulau Tidung misalnya, semenjak daerahnya teraliri oleh listrik, kesejahteraan mereka meningkat dimana mereka bisa beraktivitas dan membuka jalan perekonomian seiring dengan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Pulau Tidung | sumber lieshadiewordpresscom

Bayangkan jika suatu tempat yang indah tetapi terkendala oleh fasilitas yang serba terbatas, selain akan mempengaruhi kesejahteraan warga sekitar, mungkin tempat wisata tersebut jadi tidak terawat karena fasilitas yang tidak memadai hingga akan mempengaruhi sepinya kunjungan para wisatawan. 

Di tengah megahnya metropolitan kota Jakarta, ternyata masih terdapat pulau cantik yang bisa menjadi destinasi wisata di wilayah Jakarta, walaupun di telinga masyarakat ibukota keberadaan kepulauan seribu khususnya pariwisata sudah tidak asing lagi, tapi tetap saja bukan menjadi tempat prioritas untuk berwisata bagi warga Jakarta khususnya.***




Komentar

  1. ulasannya bagus, semoga menang :)
    mari saling mendukung, komentar juga di artikel saya : http://andre-freelife.blogspot.com/2013/07/komodo.html

    Makasih ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Ke Tetangga Bersama Wipol Aksi Anti Kuman

Kemudahan Transaksi Dalam Satu Ponsel

Khasiat Buah Delima untuk Kaum Wanita