Senangnya Menjadi Enterpreneur OnlineShop

onlineshop | sumber: safedotsi

Era digital yang sangat competitor semakin hari semakin menunjukkan canggihnya kemajuan teknologi yang mendorong kita untuk maju. Dunia maya seakan tidak mau lepas dari aktivitas kita untuk mengisi luang atau mereka yang bekerja didunia online. Hidup tanpa internet rasanya seperti kiamat kecil di jaman sekarang, mulai dari aktivitas bangun tidur di pagi hari dan ketika akan tidur kembali di waktu malam hari kita tidak pernah lepas dari yang namanya internet, mulai dari sekedar cek status facebook, twitter, email, bbm atau chatting, kita semua tidak pernah lepas dari semua itu.

Tentu hal ini menjadi momen yang sangat menguntungkan bagi para pebisnis, untuk menjajaki berbisnis di dunia online. Maraknya onlineshop didunia maya mendapat antusiasme dari mereka yang berjiwa bisnis, tidak jarang dari mereka memilih kegiatan ini untuk sekedar mencari tambahan penghasilan atau dengan sengaja memilih berhenti bekerja karena telah merasa mampu mengembangkan bisnis lewat dunia online. Pengalaman saya mengikuti workshop berbisnis online sangat menggiurkan apalagi bisnis ini bisa kita lakukan di rumah tanpa mengganggu kewajiban kita khususnya bagi seorang ibu rumah tangga yang ingin membantu keuangan keluarga dengan tanpa meninggalkan kewajibannya untuk mengurus anak-anak dan suami di rumah.

Untuk mengawali bisnis online tentu akan banyak pertimbangan takut tidak laku lah, takut tidak ada repon, dan semua itu butuh resiko besar yang harus kita terima dengan lapang dada. Karena bukankah sebuah keputusan yang kita ambil semua pasti ada resikonya. Sharing pengalaman dengan seorang owners onlineshop sangat membuka pikiran dan wawasan saya tentang perjuangan untuk menjadi seorang owners dan resiko-resiko yang dihadapinya. Seorang owners tersebut berbagi tips kepada saya bagaimana awalnya beliau bisa mengambil keputusan untuk berhenti dari kerja padahal gaji yang dia dapat cukup besar sehingga owners ini  memutuskan memilih untuk berbisnis onlineshop.

Sebelum memutuskan untuk benar-benar berhenti kerja sebagai salah satu karyawati di perusahaan swasta, owners ini butuh waktu empat tahun untuk mematangkan bisnis onlineshop yang akan dikelolanya,  sebagai karyawati yang terus memikirkan jangka panjang sehingga menabung adalah keharusan yang wajib setiap bulannya, untuk jaga-jaga kalau kita sudah tidak bekerja karena faktor usia atau jika perusahaan tempat kita mendadak bangkrut, otomatis kita harus punya pegangan untuk biaya hidup kita. Namun bukan berarti kita harus keluar kerja, artinya kita harus banyak menimbang-nimbang untuk mengambil suatu keputusan.

Mengawali bisnis tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk itu kita harus pintar-pintar memutar uang yang kita miliki sebagai modal awal. Jangan sampai dengan modal yang kita punya di habiskan untuk biaya yang menurut kita bisa di minimalisir seperti misalnya untuk biaya sewa kantor, karena sifat gengsi kita ingin mempunyai kantor yang bagus dan fasilitas yang mewah, menurut saya ini tidak efektif juga. Sebagai langkah awal kita bisa jadikan rumah terlebih dahulu untuk tempat kita bekerja, kita bisa memakai ruangan yang jarang terpakai dengan di desain sedemikian rupa sehingga kita bisa nyaman kerja di depan layar seperti halnya di kantor-kantor.

Mempersiapkan mental, ini juga hal yang paling penting utuk seorang owners onlineshop, karena dalam bisnis di dunia maya kita wajib memperkenalkan siapa pemilik dari website toko online tersebut supaya calon pelanggan tidak ragu-ragu karena data kita real bukan anonim apa yang kita suka, apa yag kita mahir, apa value kita, kenapa kita menjadi owners, apakah semua orang bisa jadi owners, semua biodata tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri buat yang singgah di website kita. Kendala yang sering ditemui dalam berbisnis adalah modal dimana anggaran untuk membeli barang sering tersendat karena tarik menarik dengan biaya operasional disini kita harus pandai mencari peluang, kita bisa mengambil barang terlebih dahulu dari orang lain atau menjadi reseller terlebih dahulu dengan catatan jangan mematok harga terlalu jauh dengan toko aslinya. 



Untuk memilih website yang akan digunakan, kita bisa memakai jasa software toko online jejualan.com. Kelebihan dari jasa jejualan.com ini sangat banyak diantaranya :
  • Tidak perlu repot mendesain web.
  • Sangat mudah
  • Banyak pilihan desain menarik.
  • Gratis domain.com.net seumur hidup.
  • Hanya 60rb/bln (Gold) 

Simple dan efisien bukan? Dalam hitungan 20 detik website kita sudah online dan siap untuk mengakses bisnis kita secara online ke seluruh dunia. Kemudahan yang didapat yaitu :
  • SMS Report, SMS otomatis terkirim ke posel kita dan pelanggan toko kita setiap ada transaksi.
  • Layanan 24 Jam, Customer support jejualan siap melayani apapun kebutuhan kita.
  • Halaman pertama Google, toko online kita akan berada di halaman pertama hasil pencarian google dengan SEO jejualan.
  • Marketing Tools, Toko online kita akan sukses di promosikan dengan marketing tools, kampanye promo,  kode kupon diskon, dan masih banyak lagi.
  • Konsultasi Langeung dengan pakar Ecommerce, Pakar Ecommerse akan menganalisa dan memberikan masukan untuk strategi penjualan toko di kita berhasil.
  • Terima Pembayaran dari manapun, Toko kita bisa menerima pembayaran melalui transfer, paypal dan kartu kredit.
  • Okos Kirim Otomatis, Semua data ongkos kirim dari JNE dan Pos Indonesia akan otomatis tersedia di toko kita.
  • Ratusan Fitur Ecommerse, Daftar sekarang dan dapatkan ratusan fitur Ecommerce tercanggih lainnya.

Dari kemudahan yang kita bisa nikmati dari jejualan.com diatas, ada baiknya juga kalau kita kita bisa terus memantau perkembangan produk atau barang apa yang lagi banyak diminati orang entah itu dalam hal dunia fashion, gadget, perlengkapan wedding, kuliner dan sebagainya. Penting bagi seorang owners untuk bisa mengambil peluang dengan ide kreatif, dimana kita bisa menjual produk dari sisi yang berbeda dengan toko online lainnya,. misalnya ada diskon harga, souvenir dan kupon belanja atau lainnya. Untuk membangun onlineshop ini kita harus mempunyai planning untuk jangka panjang, jangan sampai usaha yang kita bangun menjadi sia-sia karena kita tidak siap dengan segala resiko yang akan kita hadapi, setidaknya untuk 5 tahun ke depan kita harus benar-benar punya target mau gimana dan seperti apa perusahaan kita nantinya.

Karena untuk menjadi Enterpreneur yang sukses kita harus memulai langkah dari nol dan harus pintar untuk mengelola anggaran untuk mendahulukan mana yang lebih penting. Karena saya punya pengalaman seorang teman yang ingin membuka usaha onlineshop tetapi tidak berjalan lama dan dengan dia mendahulukan fasilitas ingin mempunyai kantor di tempat mewah dengan fasilitas yang serba mahal tetapi tidak di kelola dengan baik karena mungkin awalnya tidak mempelajari terlebih dahulu tujuannya untuk menjadi seorang entrepreneur, akhirnya modal yang kita keluarkan tidak sebanding dengan apa yang kita dapatkan meskipun ada proses waktu dalam sebuah usaha untuk bisa balik modal dan hal ini tidak dia terapkan, apa yang dia dapatkan tidak diputar lagi untuk modal dan biaya operasional lainnya, akhirnya semua sia-sia dan barang menjadi numpuk di gudang.

Sebagai langkah awal jika modal kita terbatas,kita bisa handle sendiri jika pesanan sudah membludak kita harus mempertimbangkan keputusan untuk mencari patner kerja misalnya untuk admin yang selalu stanby setiap saat, karena kepuasan pelanggan tergantung pada bagaimana cara kita melayani konsumen.  Pada bagian ini seorang enterpreneur harus bisa mengatur anggaran yang terbatas untuk biaya operasional seperti gaji admin, kurir, dan biaya-biaya lainnya yang tidak terduga. Tetapi dengan kita berlangganan jejualan.com semua bisa diminimalisir biaya-biaya tersebut, dimana adanya fasilitas SMS report jika ada setiap transaksi.

Nah loh semoga kejadian di atas tidak terjadi menimpa kita ya jika kita ingin membuka toko online, dengan adanya jasa website jejualan.com kita tidak perlu repot mengatur strategi seperti yang ada pada poin diatas.  Bagi anda yang belum siap untuk membuka toko online untuk pribadi, jejualan.com juga membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan buat kita lewat affiliate, cara nya sangat mudah kita tinggal daftar di jejualan.com dan berikut tips nya :
  1. Daftarkan, jadikan diri kita sebagai affiliate jejualan gratis.
  2. Promosikan Jejualan, pasang banner atau iklan teks di website kita sebarkan link URL affiliate kita ke orang lain.
  3. Dapatkan Komisi, Kita akan mendapat komisi 30% setiap ada pembelian paket jejualan  melalui link affiliate kita.
Sebelum mendaftar ada baiknya kita baca syarat dan ketentuannya supaya tidak terjadi kesalah fahaman di kemudian hari. Menjadi seorang Enterpreneur adalah cita-cita saya, dimana saya ingin membantu suami dalam mencari nafkah dengan tidak mengganggu kewajiban saya untuk mengurus rumah tangga.


NB: Artikel ini diikut sertakan kontes blog review jejualancom

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.