Februari 24, 2013

Pentingnya Sarapan Untuk Mengawali Aktivitas


Bagi kebanyakan masyarakat sering kita menyepelekan betapa pentingnya sarapan di pagi hari, berbagai alasan sering kita jumpai pada masyarakat kita, terlambat bangun yang berakibat tidak ada waktu untuk menyiapkan sarapan di pagi hari dan akhirnya kita lalai untuk melakukan asupan energi untuk mengawali aktifitas kita.  Padahal sarapan itu penting untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan bekerja. Minimnya masyarakat tentang pentingnya sarapan, maka pada tanggal 8 Januari 2013 bertempat di gedung Krida Bakti Sekretariat Negara Republuk Indonesia Jakarta, empat organisasi gizi dan pangan di Indonesia yaitu Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Perhimpunan Gizi Medik Indonesia (PDGMI) dan Perhimpunan Dokter Gizi Klinik (PDGKI) dengan dukungan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI)   mendeklarasikan PESAN yaitu Pekan Sarapan Nasional setiap tanggal 14-20 Februari.



Dengan diadakannya deklarasi PESAN ini diharapakan agar bisa menghimbau seluruh masyarakat untuk menumbuhkan membiasakan diri untuk menerapkan perilaku sarapan sehat dan gizi seimbang setiap hari dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif. Dampak buruk tidak sarapan terhadap kemampuan berfikir, kemampuan fisik dan masalah kekurangan atau kelebihan gizi sudah seharusnya kita fahami tentang hal tersebut.

Pentingnya sarapan bagi tubuh :
  1. Tubuh setelah bangun pagi perlu kesiapan energi otak & stamina untuk memulai aktifitas.
  2. Sarapan meningkatkan stamina, konsentrasi belajar, kenyamanan kerja dan belajar.
  3. Sarapan mencegah BAB, hipoglikemia, pusing, loyo, kerakusan, kegemukan dan gangguan stamina dan konsentrasi.
  4. Menanamkan perilaku dan budaya makan sehat (Salah Satu Pilar Gizi Seimbang)
Sarapan bagi anak sekolah terbukti bermanfaat penting :
  1. Anak mempunyai kemampuan daya ingat (kognitif) yang lebih baik.
  2. Anak memiliki daya juang belajar dan konsentrasi atau perhatian yang lebih baik.
  3. Anak mempunyai kemampuan membaca, berhitung (matematika) dan skor kemampuan sejenis (bahasa & logika) yang lebih baik.
  4. Anak jarang sakit dan pusing, sakit telinga, sakit perut.
  5. Anak memiliki stamina & disiplin yang lebih baik
Dampak Buruk tidak sarapan
  1.  Memarginalkan gizi dan kesehatan anak.
  2.  Memarginalkan stamina anak.
  3.  Menggagalkan penanaman kebiasaan gizi seimbang.
  4.  Menggagaalkan pencapaian prestasi optimal anak.
  5. Pemborosan investasi pendidikan.
  6. Menghambat peningkatan kualitas SDM bangsa.


Dari ketiga hal diatas betapa pentingnya sarapan bagi tubuh kita, sarapan dan gizi seimbang bisa kita mulai dengan mengawali makan dan minum di pagi hari yang dilakukan sebelum jam 9 pagi untuk memenuhi 15-30% kebutuhan gizi harian.  Sekarang tidak ada alasan untuk tidak sarapan, Sereal Nestle sebuah produk sereal sarapan yang sehat dan praktis mendukung deklarasi Pekan Sarapan Sehat (PESAN).
Pada tanggal 14 Februari 2013 bertempat di gerai Carrefour Lebak Bulus Jakarta, diserahkan secara simbolis kepada 20 murid Sekolah Dasar. Dua juta mangkuk sereal sarapan Nestle yang akan dibagikan di 40 kota Indonesia hingga akhir tahun 2013 dalam rangka mendukung Pekan Sarapan Nasional (PESAN) setiap tanggal 14-20 Februari. Dari dua juta mangkuk Sarapan Sereal Nestle tersebut, sekitar 50 ribu dibagikan melalui lima gerai Carrefour di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar dan Medan mulai 14 hingga 20 Februari atau selama berlangsungnya PESAN.

Ketua umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Dr. H. Hardiansyah, MS mengatakan. “Sebagai organisasi  profesi gizi dan pangan, kami harus terjun langsung dalam memberikan edukasi mengenai pentingnya sarapan bergizi kepada masyarakat. Dukungan Carrefour pada peringatan PESAN karena dapat menjadi bagian dalam memberikan edukasi mengenai sarapan sehat dan praktis. Sebagai perusahaan ritel yang menyediakan berbagai kebutuhan pelanggan di Indonesia, Carrefour selalu ingin memberikan yang terbaik untuk pelanggannya, dengan adanya “Breakfast Comer” diharapkan para pelanggan Carrefour bisa berbelanja dan mendapat pengetahuan tentang sarapan sehat yang dapat memenuhi gizi yang baik” ujar Bpk. Adji Srihandoyo selaku Corporate Affairs Director Carrefour.


Sarapan Sereal Nestle, merupakan sereal yang terbuat dengan gandum utuh dan diperkaya berbagai vitamin dan mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak yang tersedia dalam berbagai pilihan yaitu, NESTLE KOKO KRUNCH, KOKO KRUNCH DUO, MILO BALLS, COOKIE CRISP, HONEY STARS, FITNESSE, FITNESSE & FRUITS, CORN FLAKES dan HONEY GOLD. Harapan saya dengan adanya Pekan Sarapan Nasional (PESAN) ini bisa menyadarkan para orang tua untuk menerapkan hidup sehat dengan gizi yang seimbang untuk generasi penerus anak bangsa. 


Banyaknya dari usia kalangan pelajar yang tidak menerapkan perilaku sarapan sehingga bisa memicu banyak yang dikeluhkan dari dari anak-anak. Dengan jam sekolah yang padat belum lagi jika ada tambahan pelajaran atau ekstra kurikuler yang otomatis sangat menguras energi dan fisik mereka. Sehingga banyak dari mereka pulang dalam keadaan loyo dan mengeluh pusing, akibatnya sesampai pulang ke rumah mereka langsung tidur sampai menjelang sore akibat kelelahan karena tidak seimbangnya gizi dan tidak asupan energi ketika mengawali aktivitas mereka.

Sebagai orang tua tentu kita tidak menginginkan sesuatu hal tersebut terjadi pada anak kita bukan? Aktivitas sehari-hari mereka bisa terganggu karena pola hidup yang tidak sehat, apakah kita akan terus membiarkan bila hal ini terjadi pada keluarga kita? Kesehatan tentu sangat mahal harganya, sedia payung sebelum hujan artinya kita harus membiasakan sejak dini untuk  membiasakan pola hidup sehat dan gizi seimbang.

Upaya Mewujudkan Sarapan Sehat :
  1.  Makanan.
  2.  Minuman.
  3. Bergizi ( 25-30% AKG ).
  4.  Aman.
  5. Sebelum jam 9 pagi.
  6.  Tidak tergesa-gesa.

Selamat Menikmati Sarapan Sehat dan Gizi Seimbang.***

3 komentar:

  1. tidak sarapan juga menimbulkan bau mulut, apalagi klo belum sikat gigi langsung berangkat ke tempat kerja.

    BalasHapus
  2. Mama selalu mewajibkanku sarapan, biar gak lemas katanya :) ternyata memang banyak manfaatnya yaaa

    Eh mampir ke blog aku yuk!
    Aku lagi bagi pulsa @Rp 5.000 untuk 5 orang dengan hanya berkomentar di http://argalitha.blogspot.com/2013/02/berhemat-dengan-undangan-pernikahan.html
    tapi komentarnya harus nyambung dan seru, ya :) jangan lupa tinggalkan nama akun twitternya. Paling lambat tanggal 27 Februari jam 9 malam.
    aku tunggu. Terima kasih ^^

    BalasHapus