Januari 24, 2013

Batik Warisan Budaya Bangsa


Batik | Sumber 4antumwordpresscom

Batik, siapa yang tidak suka dengan motif kain yang satu ini semua orang dari berbagai kalangan pasti mengenal kain batik. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar pasti kita sudah diperkenalkan oleh guru kita melaui pelajaran kesenian tentang berbatik, entah itu memperkenalkan motifnya dengan cara membuat tugas menggambar motif batik, pembelajaran ini salah satu bentuk untuk mempertahankan dan mengingatkan anak sejak usia dini dalam hal memperkenalkan dan mempertahankan batik sebagai warisan budaya bangsa.

Kesenian batik di Indonesia dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya, dan kesenian batik ini meluas secara umumnya di Indonesia khususnya suku Jawa adalah pada abad ke XVIII atau awal abad ke XIX. Zaman dahulu batik yang di hasilkan adalah batik tulis sehingga pada awal abad ke-XX dan batik cap hanya baru dikenal pada akhir setelah perang dunia pertama atau sekitar tahun 1920. Pada zaman dahulu, pakaian batik merupakan pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja di Indonesia, awalnya aktivitas membuat batik hanya sebatas di dalam kraton saja dan hasilnya hanya untuk para keluarga raja dan para pembesar.Karena banyak dari pembesar yang tinggal di luar kraton, maka mereka membawa kesenian batik ini sehingga lama kelamaan kesenian batik ini di tiru oleh rakyat jelata dan meluas hingga sekarang sebagai pekerjaan kaum wanita di waktu senggang.



Bahan pewarna yang mereka gunakan pada zaman dahulu adalah berasal dari tumbuhan asli Indonesia diantaranya adalah mengkudu, tinggi, soga, nila, dan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur melalui canting yang dipergunakan untuk tehnik seni dari motif batik. Selain itu ada seni pewarnaan kain untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain yaitu dengan menggunakan malam yang merupakan suatu bentuk seni kuno hingga ditemukan pembungkus murni yang dilapisi malam untuk membuat pola.

Tetapi kini membuat batik tidak hanya dilakukan oleh kaum wanita saja, di sejumlah kota  sekarang banyak yang memproduksi kain batik. Beragam jenis batik serta cara pembuatannya kini batik berkembang pesat seiring dengan bertambahnya pecinta batik di Indonesia,  sehingga sekarang batik sudah menjadi kebutuhan yang wajib dimana sejumlah perusahaan dan sekolah wajib engenakan batik pada hari tertentu. Batik kini menjadi komoditas utama yang menjadi pansa pasar di Indonesia, kini batik telah merambah ke berbagai belahan dunia dan Asia Tenggara.

Kurangnya perhatian kita terhadap warisan budaya bangsa tentang batik ini, membuat kita kecolongan hingga batik pernah di klaim oleh Negara tetangga. Jika sudah begini siapa yang rugi? Kita seolah kebakaran jenggot jika hal itu sudah terjadi. Sudah merupakan kebiasaan bangsa kita rupanya, kita sering mengindahkan dan cenderung bangga dengan kebudayaan modern yang bukan dari bangsa sendiri, kita mengabaikan warisan budaya bangsa kita seolah lupa dan tidak ingin menjaganya. Trend budaya ikut-ikutan sepertinya sudah melekat pada bangsa ini.

Banyak warisan budaya kita yang di klaim oleh Negara tetangga, itu semua keteledoran kita yang tidak memperhatikan Hak Cipta, hingga kita tidak bisa berbuat apa-apa jika hal itu terjadi. Kalau sudah kejadian, barulah kita tergerak dan sadar akan hal itu. Semoga ini menjadi contoh dan pelajaran buat kita tentang pentingnya melestarikan warisan budaya bangsa. Hikmah dibalik kejadian ini maraknya produksi batik membawa angin segar bagi pengusaha dan pengrajin serta pengembang batik. Batik yang selalu menciri khas kan dari sejumlah kota seperti Solo, Pekalongan, dan sebagainya. Kita tidak perlu repot untuk belanja batik ke kota tersebut, di era zaman digital kini kita dimanjakan dengan belanja online, kita bisa melakukan aktivitas belanja batik online bagi anda yang malas atau tidak ada waktu ke toko batik.

Butik batik yang menjamur di setiap sudut dengan menawarkan berbagai pilihan dari kain mulai yang termurah hingga yang termahal, kita tinggal memilih sesuai dengan keinginan dan kantong kita. Sekarang batik tidak hanya dipakai untuk acara resmi saja, untuk pakaian tidur juga banyak menggunakan bahan batik, maka tidak heran banyaknya penjual batik di tempat-tempat wisata seperti pantai, batik tetap menjadi ciri khas tersendiri. Para pengrajin batik yang pandai mencari peluang usaha tidak surut dengan ide dan kreatifitas, kain batik kini bisa dalam berbentuk  tas, dompet, tas laptop dan souvenir untuk pernikahan seperti kipas lipat dan banyak lagi.

Kini batik tidak hanya menawarkan model dengan desai yang itu-itu saja, batik sekarang sangat modis dan beragam modelnya, Hunting berbatik via online banyak penawaran yang menguntungkan, kita tidak perlu cape dan direpotkan untuk belanja batik, cara yang instan dan berbagai potongan diskon harga dan promo kita bisa dapatkan dan yang terpenting kita bisa mengikuti mode yang lagi trend saat ini dan kita bisa tampil dengan bangga memakai warisan budaya bangsa kita lewat berbatik. Dan satu lagi, saya bangga terhadap pemerintah kita dengan dicanangkannya Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, dan semua masyarakat Indonesia mendukungnya dengan kompak. Kalau bukan oleh kita, siapa lagi yang peduli dan menjaga warisan budaya bangsa Indonesia yang kita cintai ini.***

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai topik yang kalian bahas sekarang, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    klik di sini untuk download
    trimakasih

    BalasHapus