Sinar Mas Land Mengembangkan Kawasan Livable City

Kawasan BSD City yang dikembangkan Sinar Mas Land| Photo Pribadi 

" BSD City menerapkan konsep Kota Layak Huni (Livable City) dimana masyarakat dapat hidup nyaman dan tenang dalam suatu kota"
Semenjak pindah rumah sekitar BSD City, otomatis selalu melewati kawasan kota mandiri BSD City yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land. Jarak tempuh yang lumayan menurutku tapi tidak pernah bosan apalagi merasa lelah saat melintas di sekitar BSD, entah kenapa dari dulu memang suka dengan lingkungan sekitar BSD yang selalu mengedepankan konsep green apalagi saat ini menerapkan konsep Livable City

Bermula dari pindahan rumah ceritanya si kecil mengamati sekitar saat melewati kawasan BSD, dia sangat menikmati pemandangan kala itu, dari situ dia jatuh hati pada lingkungan sekitar yang sejuk, bersih dan rindang dengan hijaunya pepohonan. Rupanya sepanjang jalan dia berimajinasi katanya nanti kalau sudah besar dan berpenghasilan mau beli rumah di BSD karena sejuk dan banyak pohon jadi Rendy suka. 


Seketika aku yang mendengar langsung mengaminkan supaya terkabul doa nya. Dalam hati, jangankan kamu nak, ibu saja dari dulu sudah jatuh hati pada lingkungan  BSD yang The Future of Integrated Livable City ini. 



Intermoda BSD City | Photo Pribadi

Ceritanya suatu hari, ketika pulang berkunjung dari rumah saudara di Pamulang, ada rasa khawatir karena kami naik motor terus si kecil minta duduk di depan karena katanya seru mau lewat BSD. Rute yang kami lewati adalah depan kantor Sinarmas Land menuju Intermoda Cisauk, aku yang khawatir si kecil kena angin harus mengalahkan rasa takutku itu karena katanya tidak mau melewatkan pemandangan yang indah dan rumah-rumah yang terlihat asri dan nyaman. 


Iya, doi memang selalu bersemangat ketika melintasi kawasan yang menurut dia asri dan nyaman. 


Naluri seorang ibu tetap khawatir antara takut dan kasihan juga kalau merusak imajinasinya sepanjang jalan, kata bapaknya ya sudah jalan pelan saja nanti sesudah melewati BSD baru pindah ke tengah. Setelah mendengar itu, barulah aku diam sambil berharap pengen cepat berlalu karena saat itu malam hari. 


Saat sudah melewati BSD, barulah si kecil pindah ketengah. Sambil berbincang biar tidak merasa bosan, lalu aku menanyakan, "Apakah perjalanan hari ini seru" ? Jawabnya iya, karena melihat pemandangan yang indah dan Rendy sambil membayangkan nanti kalau sudah besar terus uangnya cukup buat beli rumah di BSD sudah pasti nanti jadi kota masa depan ya bu. Iya jawabku, makanya sekolah yang rajin ya. 


Membiasakan anak untuk bercerita tentang masa depan dan cita-citanya merupakan ritual wajib aku setiap hari, rasanya senang aja mendengarkan kalau dia sudah bercerita tentang impiannya. Berarti bagus dong kalau punya mimpi, karena dari mimpi bisa jadi kenyataan, jadi jangan takut untuk bermimpi. 


Terlebih punya anak yang imajinasinya tinggi dan selalu memandang ke masa depan sampai-sampai dia senang main games yang tema nya membangun kota masa depan. 


Sinar Mas Land Kawasan Livable City| Photo Pribadi


Pilihannya seperti Sinar Mas Land, sebagai pengembang yang peduli terhadap kehidupan masyarakat yang lebih baik tengah bergerak menuju pengembangan Livable City di setiap proyek yang dikelola.


Livable City atau Kota Layak Huni merupakan gambaran sebuah lingkungan dan suasana kota yang nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat untuk beraktivitas yang dilihat dari berbagai variabel baik fisik maupun non fisik.


Kota Layak Huni yang dimaksud adalah dimana masyarakat dapat hidup nyaman dan tenang dalam suatu kota.


Sinarmas Land mengembangkan Livable City dengan 4 pilar sebagai konsep pembangunannya, yaitu :

  • Live, 

  • Learn, 

  • Work and 

  • Play.


Live, mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat, seperti hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan dan keamanan. 


Learn, mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas hingga universitas nasional dan internasional. 


Work, mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti pusat perkantoran, green Office, Kota industri, serta area komersial. 


Play, mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, seperti pusat olahraga, taman rekreasi, pusat Exhibition halls hingga pusat kuliner.


4 Pilar ini menurutku sih yes banget, karena hidup harus seimbang antara kesehatan jasmani dan rohani. Tinggal di kota layak huni merupakan impian banyak orang tidak terkecuali aku hingga menular ke si kecil. 


Kalau melintasi rumah di kawasan kota layak huni, imajinasi melayang membayangkan hidup di berada di rumah itu dengan akses kemana-mana yang mudah dijangkau dan tata kelola kota yang tidak hanya enak dipandang tetapi juga nyaman untuk sebuah hunian, pendidikan, tempat kerja, dan taman rekreasi. 



Pentingnya memilih Lingkungan Buat Hunian


Pengalaman tinggal di daerah yang padat penduduk, gersang dengan pepohonan itu sangat tidak sehat baik untuk jasmani dan rohani kita. Sehat itu tidak perlu mahal dan hanya makan makanan bergizi saja, itu tidak cukup. Tapi tinggal di hunian yang layak itu pun sangat penting.


Bayangkan saja kalau tempat tinggal kita bising, berapa kali jantung kita terhentak karena mendengar suara yang kencang misalnya atau tiba tiba terdengar begitu saja saat sedang relax atau gersang dengan pepohonan yang bahkan burung pun enggan singgah, jadi bagaimana dengan manusia, burung saja tidak mau berd di tempat yang gersang. 


Pentingnya pohon selain buat oksigen juga sebagai penyaring udara, bayangkan kalau tidak ada pohon, seberapa tebal debu yang kita hirup dan berapa derajat cuaca panas yang kita rasakan? Mengerikan bukan! 


Jadi menurutku, semua proyek Sinar Mas Land sudah mengacu pada The Future of Integrated Livable City. Semua bangunan baik itu hunian, pendidikan, pusat perbelanjaan dan perkantoran mengusung konsep green.


Yang belum tahu atau belum berkunjung ke kawasan BSD, nih aku kasih tahu ya beberapa contoh dari 4 Pilar nya Proyek Sinar Mas Land yakni


Green Office Park | Photo Pribadi

The Breeze yang letaknya berdekatan dan satu kawasan dengan Green Office Park 1, yang terdiri dari banyak tenan dengan bangunan kaca dan dikelilingi dengan pohon, tentu memberikan kesejukan dan sekaligus refresh dengan pemandangan hijau karena mayoritas tenan berdinding kaca, jadi jika melihat keluar, akan terlihat hijaunya pemandangan. 


Sedangkan Green Office Park 1 menawarkan fasilitas terbaik dengan fitur-fitur ramah lingkungan yang didukung oleh desain, konstruksi, pengelolaan serta pemeliharaan yang sustainable. Hal ini diwujudkan dalam bentuk konservasi energi melalui natural lighting, penggunaan double glazed low E-glass, smart water conversation, serta praktek daur ulang sampah dan limbah yang ramah lingkungan. 


Pasar Modern Intermoda BSD City | Photo Pribadi

Ada juga Pasar Modern Intermoda BSD City, pasar yang selama ini kita kenal adalah kotor dan bau, tapi tidak dengan pasar modern BSD ini, tempatnya bersih, nyaman dan lengkap dengan beragam tempat kuliner yang bisa dijadikan tempat hangout. 


BSD Link Konsep Livable City| Photo Pribadi

Kawasan Intermoda BSD City juga memiliki elevated terminal bus yang terletak di lantai 2 dan terkoneksi langsung dengan pintu Masuk dan Keluar Pasar Modern. Terminal Shuttle Bus BSD Link yang dibangun Sinar Mas Land, nantinya akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk dimanfaatkan sebagai terminal yang melayani angkutan umum di Kawasan tersebut. Wah keren sekali ya gagasannya Sinar Mas Land, semoga bermanfaat buat masyarakat setempat dan yang semua yang berkunjung Pasar Modern dan Intermoda BSD City. 


Bukan hanya itu, disepanjang jalan pun semua tertanam pohon dan tim kebersihan yang selalu siaga makanya tidak heran kalau kawasan BSD City yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land ini selalu bersih hingga indah dipandang mata. Menurutku sih ini surganya dunia. 


Teruntuk anakku, semoga kelak kamu bisa membeli rumah impian dan harapanmu ya, hunian yang tidak hanya sekedar untuk istirahat dan melepas lelah, tapi juga rumah yang bisa menjadikan kamu nyaman di dalam maupun dari luar. Seperti yang telah Sinar Mas Land terapkan dengan 4 pilarnya dan harus yang memenuhi syarat The Future of Integrated Livable City. *** Aamiin. 



Komentar

  1. Keren banget konsep yang dibawakan oleh Sinar Mas Land dengan livable citynya. Semoga sinar mas land dengan 4 pilarnya The Future of Integrated Livable City. Semoga makin banyak hunian berwawasan ramah lingkungan kedepannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sakit Kepala Bukan Alasan Lagi Untuk Tidak Beraktivitas

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Store Tour Harga Teman Giant Bareng Meisya Siregar