Naik Transportasi Umum Sekarang Sudah Nyaman dan Mudah

MRT Jakarta , Transportasi Massal Yang Menjadi Favorit Warga Jakarta & Sekitarnya 

Kalau mengingat jaman dulu, paling malas bepergian menggunakan transportasi umum, betapa tidak rasa pengap dan aneka parfum alami membuat saya mabuk tujuh keliling, belum lagi drama mengejar ngejar bus yang seolah tidak pernah sepi penumpangnya walau hari sudah larut malam.

Ya, saya mengalami hal itu ketika baru pertama kali kerja di Jakarta tepatnya di Jatinegara. Kerja di kantor notaris yang sibuknya bukan kepalan masuk pukul 09.00 pulang hampir tiap hari pukul 21.00. Perempuan dan baru pertama kali kerja di Jakarta harus berjuang sampai lari-lari tidak terpikir kalau nyawa menjadi taruhannya. Kenapa? Karena tidak jarang harus bergelantungan saat bus sedang melaju dan berdiri di depan pintu bus, astagfirullah ngeri sekali kalau ingat waktu itu.

Sesampainya di rumah badan rasanya remuk, kaki bengkak karena jarak Jatinegara-Cibinong selalu berdiri dan mungkin lelah juga harus ngejar-ngejar bus. Saat itu ingin sekali saya berteriak TIDAK dengan moda transportasi umum. Belum lagi rasa was was dengan keamanan serta kenyamanan di transportasi umum yang kerap menghampiri, pokoknya uji nyali banget keadaan transportasi dulu.

Lain Dulu Lain Sekarang

Semakin kesini, dunia transportasi di Indonesia telah menunjukkan kemajuan  yang berarti, munculnya moda transportasi modern baik dari segi keselamatan, keamanan dan kenyamanan banyak saya jumpai sekarang.



Akhirnya Indonesia Punya MRT

Sejak lama mimpi punya moda transportasi yang andal seperti di negara-negara maju lainnya, dan akhirnya kini Indonesia punya MRT yang bisa kita banggakan.

Sekarang saya kalau bepergian lebih asyik menggunakan transportasi umum terlebih ketika memiliki si kecil agar dia terbiasa dengan menggunakan fasilitas umum karena sekarang moda transportasi umum terjamin dari segi keamanan dan kenyamanannya.

Gerbong MRT Jakarta 

Selain itu, membawa anak dengan menggunakan transportasi umum bisa sekaligus mengedukasi anak dan menambah wawasan. Alhasil si kecil selalu ketagihan naik MRT karena mungkin nyaman, aman dan jadinya selalu di jadikan wisata buat kami.

Kalau hari libur sedang tidak ada acara, daripada bengong di rumah kami selalu mengajak si kecil keliling Jakarta naik Transportasi Umum, karena tempat favoritnya Monas jadi sangat mudah dan terbantu sekali dengan keberadaan transportasi umum yang aman dan nyaman. Bahagia itu sederhana buat kami, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri toh di negeri sendiri juga tidak kalah menarik untuk di eksplor.

Untuk menuju Monas, dia sampai hapal rute nya, naik MRT terus naik Transjakarta jurusan Monas lalu sampai deh.

Karya si kecil gambar KRL

Begitu exited nya si kecil dengan adanya keberadaan MRT, sampai sampai dia selalu menggambar MRT dan membuat miniatur jalan MRT dengan lego dan rel beserta kereta mainannya. Stimulasi nya bekerja dengan baik dan saya merasa terbantu untuk menstimulasi si kecil.

Bahkan di usianya yang masih 4 tahun dia sudah bisa menggambar MRT, KRL dan selalu bercerita sama teman dan gurunya tentang transportasi umum.

Seputaran Monas Jakarta 

Terlepas dari itu, saya sangat prihatin juga dengan udara kota Jakarta yang sudah tercemar oleh polusi dari kendaraan. Awalnya tidak sadar kalau sewaktu mengambil foto kota Jakarta terlihat seperti kabut putih gitu, saya berpikir kenapa berkabut ya setiap kali foto kota Jakarta, setelah ditelusuri ternyata kabut polusi. Astaga parah sekali ternyata, hiks.

Si kecil saat naik Bus TransJakarta 

Kini, tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan moda transportasi umum, sudah menghemat waktu, tenaga (tinggal duduk manis), bisa mengurangi polusi kendaraan, kemacetan dan bisa bersosialisasi dengan banyak orang.

Satu lagi, yuk bersama-sama kita jaga dan rawat fasilitas umum supaya terus bisa di nikmati oleh anak cucu kita kelak.

Keselamatan, Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Saat Ini

Transportasi merupakan alat penunjang aktivitas yang keberadaannya tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan. Kini, Indonesia sudah memiliki transportasi kebanggaan Moda Raya Terpadu atau yang disingkat dengan MRT sebuah sistem transportasi transit cepat menggunakan kereta listrik di Jakarta yang diresmikan pada 24 Maret 2019, Proyek kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, oleh Presiden RI JokoWidodo.

Stasiun MRT Lebak Bulus Jakarta 

Satu set rangkaian terdiri dari enam kereta (cars) dengan kapasitas 200 hingga 300 penumpang, sehingga satu set akan mampu mengangkut 1.200 hingga 1.800 orang per perjalanan.

Sistem pengoperasian Automatic Train Operation (ATO) , total waktu tempuh koridor Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia hanya butuh waktu 30 menit saja dengan perkiraan waktu singgah (dwell time) di setiap stasiun kurang lebih 30 detik. Kereta MRT Jakarta yang beroperasi setiap hari mulai pukul 05.30 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Buat saya ini benar-benar membantu banget, bisa menghemat waktu, tenaga dan mengurangi polusi kendaraan. Aproud buat kinerja pemerintah dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini, yang mana kita sebagai masyarakat bisa menikmati keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi saat ini.

Commuter Line - Jabodetabek 

Seperti yang telah saya rasakan, bukan di MRT saja akan tetapi di moda transportasi umum lainnya seperti Commuterline, Transjakarta dan juga transportasi umum di sejumlah wilayah lainnya telah menunjukan perubahan yang signifikan dan sekarang, tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan moda transportasi umum.

Sebagai pengguna transportasi umum, saya sangat merasa puas dan bangga dengan kemajuan transportasi umum saat ini, mulai dari fasilitas umum seperti lift dan elevator dan petugas di beberapa titik yang selalu siap untuk membantu kita.

Dulu, mungkin saya sangat tergantung sama yang namanya kendaraan pribadi, tetapi sekarang mudik ke kampung halaman pun lebih senang naik kereta api. Menggunakan Transportasi Umum, Kenapa Tidak? Naik Transportasi Umum Sekarang Sudah Nyaman dan Mudah karena setiap kota sudah terkoneksi.

Sekarang tugas kita untuk bersama-sama menjaga, merawat dan mempergunakan fasilitas umum dengan bijak. Kalau bukan kita, siapa lagi dan kalau tidak sekarang kapan lagi, Untuk mewujudkan Transportasi unggul Indonesia maju. ***


Sumber Foto Dok Pribadi


Komentar

  1. Kenyamanan ini memang bikin pengin jalan2 terus bawaannya ­čśŹ

    BalasHapus
  2. Turut bangga, Indonesia semakin Maju dalam infrastruktur transportasi. Walau fasilitas untuk difable belum.merata. hanya Di wilayah protocol saja

    BalasHapus
  3. iya alhamdulilah transportasi di Indonesia jaman sekarang ini makin maju makin nyaman dan makin memudahkan penggunany ya mbak :)

    BalasHapus
  4. Semoga kenyamanan transportasi menular ke kota-kota lainnya ya. Terutama di daerah, sayang banget perkembangannya nggak secepat Jakarta.

    BalasHapus
  5. Itulah kenapa saya sekarang lebih sering Naik l transportasi umum. Soalnya udah jauh lebih nyaman.

    BalasHapus
  6. Merawat, menjaga dan mempergunaka fasilitas dengan bijak! Setuju...Transportasi unggul Indonesia akan maju

    BalasHapus
  7. Iyaa alhamdulillah banget yaa kak, sekarang public transportation di Jakarta udah bagus-bagus. Aku juga udah hampir semua moda aku naikin kak hehe. UDah makin banyak pembaharuan juga :)

    BalasHapus
  8. Aihh..penasaran deh pengen naik alat transportasi macam kereta api, commuter lain dan sejenisnya. Belum pernah euy. Apalagi anak-anak saya nih, pengen banget naik kereta api. Selama ini kan cuma lihat mainannya doang. Pasti asyik banget tuh kalau mereka bisa mencoba langsung. Hmmm..nantilah pas ada kesempatan ke daerah Jawa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Sisi Lain Dari BJ Habibie

Kemudahan Transaksi Dalam Satu Ponsel