Nestle NESTUM Menu Sarapan Praktis Lezat Dan Sehat

Mendengar kata sarapan selalu teringat masa sekolah dulu dan saya termasuk orang yang selalu mengabaikan aktivitas sarapan pagi kala itu. Saat hendak berangkat sekolah, bangun tidur mandi lalu siap-siap berangkat ke sekolah (ini terjadi saat saya sudah mengenal jajan) tepatnya mulai kacau dengan jam sarapan pas SMA, kadang sarapan kadang engga.

Baru sekarang saya sadar kalau sarapan itu penting, ingat dulu kalau belum sarapan aktivitas belajar pun terhambat, susah konsentrasi, emosional pokoknya tidak nyaman banget deh. Kebiasaan ini terbawa hingga sampai saya sudah bekerja, jangan tanya rasanya gimana pasti sangat tidak enak hihi.

Pengetahuan semakin bertambah sampai saat ini betapa pentingnya sarapan di pagi hari. Kenapa sarapan penting dipagi hari? Karena menurut para ahli gizi, saat pagi hari usus besar kita terbuka lebar dan itu artinya saatnya memproses dan mencerna makanan sebagai sumber energi dan yang lebih baik lagi kalau sarapan pagi hari tidak melewati jam 9.

Memang sih ya kadang suka malas kalau pagi-pagi sudah makan belum lagi dengan kerepotan yang ada harus mempersiapkan olahan yang mau kita masak duuuhh kebayangkan rempongnya.

Nih, yang suka rempong kaya saya dan kalau lagi malas masak buat sarapan boleh coba lho produk dari Nestle yang baru meluncurkan NESTUM 101 Healthy Bowls, sebuah gerakan yang mengajak masyarakat Indonesia untuk berkreasi membuat ragam makanan sarapan yang praktis namun tetap sehat dan lezat.

Kemarin tanggal 29 Januari 2019 bertempat di glass House Ritz Carlton Jakarta saya bersama teman blogger lain berkesempatan mengolah berbagai macam sajian dan olahan dari Nestum dengan berbagai cita rasa Nusantara dengan langsung dipandu oleh chef Steby Rafael dan TinTin Rayner penulis buku resep cake terlaris di Indonesia    .

Pengalaman yang menyenangkan tentunya kita dapat ilmu untuk bisa berkreasi menyajikan sarapan praktis belum lagi dapat ilmu dari ahli gizi Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.kes. yang menjelaskan "Dengan mengkonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan yang manfaat yang lebih, baik dari sisi fisiologis maupun psikologis, dibandingkan jika hanya mengkonsumsi minum saja".

Ada yang menarik nih tambahan dari paparan Dr. Rita "proses pelumatan makanan dapat menurunkan hormon Grealin yaitu hormon yang berperan menstimulasi nafsu makan dan meningkatkan hormon cholecytokinin yang mampu menurunkan nafsu makan. Dengan demikian apabila kita mengkonsumsi makanan saat sarapan, maka kita akan mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Karenanya pilihlah menu sarapan yang bijak misalnya berupa makanan yang mengandung multugrain, serat pangan, vitamin dan mineral.

Iya juga sih, kalau kita sarapan dengan ada aktivitas mengunyah makanan tidak hanya minum akan terasa kenyang lebih lama, berbeda jika misal kita tidak sarapan atau hanya minum saja, kenyangnya tidak bertahan lama dan kalau ditahan-tahan sampai jam makan siang otomatis suka balas dendam karena nafsu makan meningkat akibat rasa lapar yang amat sangat. Oke save ya itulah pentingnya sarapan. Nah sekarang BAGAIMANA MEMBUAT SARAPAN ITU MENJADI BERKUALITAS :

1. Harus mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh terdiri dari: +/- 20-25% energi total, mengandung karbohidrat (diutamakan yang kompleks dan cukup sehat), protein dan lemak cukup serta kaya vitamin dan mineral, mengandung gula dan lemak jenuh rendah.
  2. Menstimulasi organ pencernaan secara baik: mulut, esophagus, lambung usus saling berinteraksi dengan baik dalam mencerna dan menyerap makanan.
  3. Memberikan kepuasan psikologis terkait  rasa makanan: rasa akan diterjemahkan oleh lidah

Ada sedikit cerita pengalaman tentang dampak jika kita tidak sarapan dan ini terjadi pada anak saya yang masih balita, kejadiannya waktu hendak bepergian sepertinya sudah biasa ya kalau balita memang kadang rada susah kalau sudah waktunya makan apalagi sarapan pagi dan pada waktu itu dia hanya mengkonsumsi minim susu saja sebelum berangkat dan tahu apa yang terjadi? Keesokan harinya dia demam tinggi dan saya paham betul itu efek perut kosong karena dia tidak sarapan dan ketika didalam perjalanan pun dia tidak mau disuapin, hiks sedihnya. Lalu mulai dari sekarang saya memutuskan  kalau dia tidak ada asupan makan saya tidak mau mengajaknya pergi, semaksimal mungkin sekarang harus ada asupan makanan sebelum beraktivitas dan hasilnya alhamdulillah tidak ada masalah apa pun.

Ternyata hal yang tampak sepele yang selalu kita abaikan tentang pentingnya sarapan ternyata sangat berdampak buat kesehatan. Jika kita tidak sempat memasak buat sarapan sekarang ada Nestle NESTUM bubur sereal  sarapan dengan GRAINSMARTA yaitu kombinasi unik multigrain yang terdiri dari gandum utuh, beras, jagung dan serat pangan , vitamin dan mineral.

Nestle NESTUM dengan berbagai varian rasa: Nestle NESTUM porridge (rasa Manis dan Original),serta Nestle NESTUM 3in1 rasa susu, susu & pisang  dan susu & coklat.

Menurut Eka Herdiana Corporate Nutritionist Nestle Indonesia mengatakan bahwa "Gizi yang terkandung dalam satu mangkuk Nestle NESTUM setara dengan protein dari satu gelas susu yoghurt, kalsium dari satu gelas susu dan serat makanan dari satu lembar roti gandum".

Hemm lengkap juga ya ternyata dan kandungan yang dibutuhkan seperti kata Dr.Rita ada semua, jadi boleh lah saya pilih untuk menu sarapan tinggal pilih mau yang manis apa original kalau mau yang gurih tinggal pilih yang plain lalu diseduh dengan bumbu kaldu selebihnya kreasikan dengan toping yang kita suka seperti ayam, jamur dan masih banyak lagi yang lainnya untuk kita kreasikan.

Menu sarapan NESTUM versi saya

Setelah saya coba Nestle NESTUM ternyata bubur sereal ini bisa kita kreasikan sesuai selera kita, mau lebih padat atau lembek seperti bubur bisa banget. Nah kali ini saya coba untuk yang bisa di cetak ternyata teksturnya padat jadi kita bisa buatkan sikecil sarapan untuk dibawa ke sekolah. Hasilnya bagus kan seperti foto diatas, hehe.

O'ya sekedar informasi nih buat kalian yang punya menu NESTUM untuk mengawali hatimu, jangan ketinggalan ikutan yuk #101NESTUMHealthyBowl dengan cara apload menu sarapan NESTUM versi kalian untuk memenangkan Healthy trip ke NESTUM Amazing Morning di Candi Borobudur untuk 5 pemenang. Selengkapnya kunjungi Instagram @nestumindonesia

Foto by @nestumindonesia

Nestle NESTUM ini tidak perlu dimasak, cukup diseduh dengan air hangat atau bahkan air dingin sesuai selera. Kini saya benar-benar mengerti dan selalu merasa bersalah karena dulu suka mengabaikan nasehat orangtua yang setiap hari selalu mengingatkan saya sebelum beraktivitas dengan tidak lelahnya mengingatkan "sarapan dulu biar gak salatri (jatuh pingsan))".

Narasumber

Terimakasih Nestle NESTUM dengan adanya Blogger Gathering 101 Nestle NESTUM Healthy Bowls menjadi bertambah wawasan kita akan pentingnya sarapan dan bijak memilih menu sarapan praktis yang lezat dan sehat, yuk kita biasakan dari sekarang awali aktivitas dengan sarapan.***

Sumber Foto: Dok.Pribadi

Komentar

1. Nestum itu udah lama ya ada? Perasaan dulu suka dengan NESTUM. Sekarang formulanya udah diperkaya mungkin ya?
    Iya, sarapan itu penting banget. Harus dibiasakan.

Balasan
    1. Iya NESTUM hadir dengan berbagai rasa, ada yang plain jadi kita bisa kreasikan dengan kuah kaldu lengkap dengan toping layaknya bubur ayam.

Hapus
  2. Jadi teringat jargonnya sarapan itu dimakan, bukan diminum. Nah lho...

Ayo jangan lupa sarapan ya buibu, kakkakak...

BalasHapus
  3. Wahaha saya orangnya agak jarang sarapan sih wgwg, mentok, yaaah jam 11 kalau nggak males-males amat wgwgw, padahal, jelas sih, sarapan itu penting sebenernya :D

Balasan
    1. Ayo mba dibiasakan dari sekarang, karena sarapan itu penting.

Hapus
  4. Wah ada Emi itu teman ngantor dulu di media cetak. Btw aku baru tau nih ada Nestum jadi pengen nyobain untuk sarapan dirumah.

Balasan
    1. Wajib dicoba mba dan jangan lupa ikutan lomba kreasi NESTUM nya ya.

Hapus
  5. Kalau tidak membiasakan sarapan bisa bahaya tuh.
    Saya sering cari menu sarapan yang simple, nah Nestum cocok, ga trlalu mengenyangkan tapi nutrisinya dapat.

Balasan
    1. Iya kalau tidak sarapan bisa tidak fokus dan pasti mengganggu aktivitas kita.

Hapus
  6. Kalau gak salah Nestle Nestum itu dulu makanan anak-anak ya. Nah aku suka banget rasanya, dulu saat memberi makan anak pasti ikut mencoba. Apa lagi sekarang kali ya, diolah lebih ahli..Rasanya pasti lebih enak

Balasan
    1. Yang mba maksud mungkin cerelac ya, tapi ini NESTUM bisa dikonsumsi juga buat anak usia 3 tahun. Betul mba bisa diolah sesuai selera kita, mau yang original atau manis tinggal pilih hehe.

Hapus
  7. Kemarin aku liat Nestum ini di bagian sereal di salah satu supermarket. Ternyata selain utk diolah jd makanan manis bisa jg dimasak asin ya?
    Memang sarapan itu penting, khususnya buat anak, supaya bisa beraktivitas dengan lbh baik lg

Balasan
    1. Betul mba, kalau suka yang asin tinggal pilih yang plain lalu kreasikan dengan kaldu kuah diberi toping ayam/jamur tinggal kreasikan sesuai selera kita.

Hapus
  8. belum pernah nyoba. Lihat tulisan ini kok jadi pingin ya ... kayaknya cocok buat sarapan

BalasHapus
  9. Saya suka dengan produk NESTUM. Pernah cobain yang plain, trus dikasih topping kayak bubur gitu. Enak!

10. Salfok saya sama kreasi NEstum bikinan Kak Martha..Enyaaak keknya:)
    Memang penting sarapan ini, biar kita kuat menjalani hari

Balasan
    1. Hihi makasih,sengaja dibuat gini biar praktis bisa dimakan langsung kalau lagi dijalan tanpa repot harus nyeduh dulu.

Hapus
  11. Kreasi Nastum nya bikin ngiler, aku belum pernah coba Nastum dan baru tau juga sih dari baca blog kak Reni ini hihi

BalasHapus
  12. Ini enak banget ya rasanya, pengen beli ah.

Balasan
    1. Beli yang banyak ya, jangan lupa ikutan kreasi NESTUM nya.

Hapus
  13. Aku udah cobain Nestum pakek susu almond sama buah, enak dan kenyang banget nget nget. Recommended buat sarapan praktis dan bergizi banget

Balasan
    1. Iya, tinggal seduh, tidak ada alasan buat tidak sarapan ya.

Hapus
  14. Wahh inisih makanan aku dikala diet nih, udah pernah nyobain dan sangat mengenyangkan, awet loh kenyangnya,hehe

Balasan
    1. Karena mengandung GRAINSMARTA kombinasi unik multigrain yang terdiri dari gandum utuh, beras, jagung dan serat pangan serta vitamin dan mineral itu sebabnya bisa kenyang lebih lama.

Hapus
  15. Nestum ini produkny nestle toh..penasaran saya pengen cobain.

BalasHapus
  16. seru ya bisa ssarapan dan berkreasi bersama Nestum. sehat dan bergizi.

17. kalau di keluargaku, biasanya sarapan tuh nasi hehe.. tapi aku suka nestum sih, walau belum pernah coba yg nestle ini.. nanti coba beli aahh..

Balasan
    1. Iya NESTUM sarapan praktis lezat dan bergizi apalagi kalau pakai toping buah.