September 03, 2014

Pesta Rakyat di Festival Kuliner Serpong 2014

Festival Kuliner Serpong 2014 | Rumah Asli Adat Tongkonan

Pusat keramaian seperti mal yang begitu pesat perkembangannya memudahkan pengunjung menikmati fasilitas tempat perbelanjaan seperti mal, apalagi era digital semua informasi dapat kita peroleh lewat social media seperti twitter, facebook, website dan lain sebagainya, makanya kita merasa terbantu dengan adanya informasi lewat social media jadi jaman sekarang tidak ada kata kesulitan untuk mencari tempat untuk menikmati liburan bersama keluarga, teman pacar atau sahabat.

Baiklah, kali ini saya akan bercerita tumpleknya pengunjung di Summarecon Mal serpong, untuk kesekian kalinya saya mengunjungi mal ini dan ketika pertama kali ke Summarecon waktu itu belum cukup ramai karena masih tahap awal pembukaan. Selang waktu beberapa bulan ketika saya membuka twitter @SMS_Serpong yang menginformasikan bahwa ada event Festival Kuliner Serpong 2014 yang mengangkat tema dari salah satu Provinsi di Indonesia yaitu "Sulawesi Nyamanna’... Pe Sadap". Tema yang dipilih sebagai upaya  memperkenalkan dan melestarikan aneka kuliner nusantara khususnya kepulauan Sulawesi dengan ragam wilayah yang memiliki beragam  beragam kuliner dengan khas yang berbeda-beda.


 
 #FKS2014

Ini kali ke empat festival kuliner tahunan diadakan di Summarecon Mal Serpong, seperti yang saya ketahui lokasi mal ini sangat bernuansa dengan alamnya yang bersih dan hijau, saya suka berkunjung ke tempat seperti ini dan bukan hanya dilingkungan mal nya saja yang bersih tetapi sepanjang jalan menuju ke lokasi pemandangannya sangat indah, hijau, bersih dan udara menjadi sejuk hingga segar saat bernafas, semoga tidak berubah sampai kapan pun.

Suasana Festival Kuliner Serpong 2014

Menurut saya, daya tarik sebuah tempat keramaian bukan dilihat dari segi bangunan yang mewah karena sekarang mal bukan hanya tempat untuk berbelanja fashion saja, tetapi mal kini sudah menjadi tempat hangout sebagai gaya hidup masyarakat perkotaan yang gemar berkumpul dan makan diluar, itu mungkin sebab dari menjamurnya tenant-tenant resto di mal dan tempat menjadi daya tarik tersendiri untuk mengundang pengunjung berdatangan untuk sekedar bercengkrama menikmati hembusan angin dibawah pepohonan.

 
Sop Konro | Menu Favorit #FKS2014

Salah satunya konsep suasana di Festival Kuliner Serpong 2014, saya suka dengan nuansa alamnya. Hari Minggu kemarin, saya dan suami memang berencana mau ke Festival Kuliner Serpong untuk yang kedua kalinya, karena masih penasaraan dengan salah satu kuliner yang selalu mengular antriannya yaitu Sop Konro, Iga bakar dengan kuah sop yang selalu muncul dalam bayangan saya kalau belum terlaksana. Hari itu bos suami saya telepon agar hari minggu bisa berkumpul meeting untuk membicarakan rencana hari senin karena mau ada training karyawan di Jakarta, uh kebayangkan kesalnya jika gagal kulineran lagi.

Es Pisang Ijo | Menu Favorit #FKS2014

Karena sebelumnya sudah gagal kulineran karena berbagai hal sedangkan berkunjung di hari biasa rasanya tidak memungkinkan, kalau bisa pun terlalu maksa takutnya tidak menikmati karena tubuh butuh refresh meskipun waktunya masih satu minggu lagi sampai tanggal 7 September 2014 tapi saya sudah tidak sabar, hehee. Tanpa panjang lebar dan mikir-mikir saya langsung mengusulkan agar meeting di Festival Kuliner Sepong saja dan suami menerima usulan saya dan segeralah dia pengumuman di grup BBM nya hahaaa…

Mie Cakalang | Menu Favorit #FKS2014

Tanpa kesulitan yang berarti akhirnya bos dan rekan-rekan yang lainnya setuju usulan suami saya, yihaaa…satu kali mendayung dua, tiga pulau terlampaui kita bisa wisata kuliner dengan tidak menelantarkan pekerjaan, jadi imbang kan? *tsah hahaaa.


Seperti biasa kalau yang namanya bos suka jam karet, saya berangkat dari rumah sengaja awal agar bisa milih tempat yang enak, tiba ditempat pukul 14.30 WIB rasanya mata ini sudah liar menjelajah tempat sekitar, nunggu bos suami untuk bisa makan gratisan rasanya tidak memungkinkan karena dalam perut sudah mengisyaratkan sesuatu dan sengaja dari rumah saya tidak makan terlebih dahulu.

 Stand Oleh-Oleh Makasar #FKS2014


Dan ketika suami saya menghubungi bos nya katanya masih belum on the way, huh..kebayangkan kalau harus nunggu lama dan rekan-rekan yang lain pun belum pada datang, akhirnya kami memutuskan untuk makan duluan. Fokus ke rencana awal yaitu nomor satu hunting di stand Sop Konro, beruntung antriannya tidak terlalu mengular meski pegel juga harus mengantri dari beberapa orang  di depan saya.

Kartu Transaksi #FKS2014

Alamak…lihat Iga yang sedang di bakar rasanya saya hanya bisa menelan ludah sebelum saya mendapatkannya dan akhirnya setelah masa penantian yang cukup berarti *halah lebay* saya langsung milih Iga yang besar tepat ada dihadapan saya, Sop Konro nya dua ya, yang ini saja *tangan saya sambil meraih dengan semangat* boleh jawab si pelayan sambil meminta kartu untuk di gesek, jadi 66 ribu ya mba *seraya pelayan itu sambil mengembalikan kartu sama struk nya* dan karena semangatnya waktu itu jadi lupa deh menjawab pelayan itu hahaaa.

Sop Konro sudah ditangan, bergegaslah kita nyari tempat yang tidak jauh dari lokasi tenant tersebut, tidak lupa baca do’a sebagai tanda syukur untuk bisa menikmati makan enak dan dengan lahap kita menggerogoti Iga bakar dengan guyuran bumbu kacang serta perasan jeruk nipis dan kuah sop yang gurih. Tekstur dari daging iga bakarnya sangat empuk dan bikin ketagihan lho.

Baru menikmati satu kuliner rasanya perut sudah penuh tetapi lidah ini butuh penetral dan aku pilih rujak bebek yang pedas, nikmatnya berasa ke lubuk hati yang paling dalam. Istirahat sejenak sambil  berkeliling di area Festival kuliner yang semakin sore semakin ramai pengunjung, hari semakin sore saya dan suami kembali nyari tempat duduk karena bosnya mengabarkan sudah sampai di lokasi.

Kostum Tradisional #FKS2014

Meeting pun dimulai dan saya mulai melipir ke area Festival Kuliner di lokasi terdapatnya kapal Pinisi sebuah kapal tradisional suku Bugis dan Suku Makassar Sulawesi Selatan yang merupakan panggung utama tempat hiburan. Setiap Weekend ada acara lelang gadget, kemarin giliran lelang Samsung S5 dengan harga dibuka senilai Rp 500,000. Sebelum acara lelang dibuka, MC yang funky saat itu bagi-bagi voucher belanja senilai 100K. Voucher SDC (Summarecon Digital Center) bisa digunakan untuk berbelanja di tenant-tenant SDC yang terletak tidak jauh dari Summarecon Mal Serpong.
 
Summarecon Digital Center

Hari semakin larut, suasana Festival Kuliner Serpong 2014 semakin menampakkan keindahannya dengan hiasan lampu dan lampion yang berwarna warni, ini seperti berada di pasar malam yang meriah penuh hiruk pikik pengunjung untuk mengantri makanan dan belanja oleh dan banyak juga yang sambil nongkrong bercanda riang meluapkan kegembiraan dalam kebersamaan, sementara sebagian anak-anak ada yang bermain di arena anak-anak yang tersedia disana.

Suasana Malam  #FKS2014


Wisata sambil kuliner dan kuliner sambil wisata, ya itulah yang tertuang di event tahunan Festival Kuliner Serpong, ini menjadi sebuah event yang ditunggu-tunggu masyarakat khususnya bagi warga Serpong dan sekitarnya. Setelah puas dengan sajian kuliner yang kami santap dan menikmati suasana yang fun penuh kebersamaan karena datang sendiri pun tidak jadi persoalan sebab disana bisa berbaur dengan pengunjung lain. Setelah selesai dengan ditutup oleh makan bersama , kami pun pulang dengan segudang cerita dan pengalaman yang mengesankan, bagaimana tidak, ini seperti  acara Pesta Rakyat di daerah Sulawesi karena saat pertama menginjakkan kaki, pengunjung disuguhkan dengan rumah asli adat Tongkongan dari suku Toraja yang lengkap dengan pernak pernik serta kepala kerbau  dan kain khas Sulawesi.   

Summarecon Mal Serpong

Semoga acara tahunan bisa terus kita nikmati, terlebih ini bukan hanya sekedar Festival Kuliner tetapi juga acara ini mengangkat dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia khususnya Warisan kuliner Nusantara yang semakin lama semakin terlupakan dengan arus modernisasi. Sukses buat Festival Kuliner Serpong 2014, selama saya berada dilokasi tidak terdapat sampah berserakan karena setiap petugas dengan sigap membersihkan area dan salut buat Summarecon Mal Serpong yang mengedepankan Go Green dan bentuknya berupa pengumpulan botol mineral bekas yang bisa ditukar dengan hadiah.

Yang belum kesana, ayo masih ada waktu sampai tanggal 7 September 2014 nanti, Selamat merayakan kebersamaan di Festival Kuliner Serpong 2014. Sampai Jumpa.***


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Summarecon Mal Serpong Culinary Writing Competition”

www.malserpong.com


22 komentar:

  1. pengen kesana lagi ah. masih banyak yang belum di cobain nih

    BalasHapus
  2. Wah.. itu Es pisang ijo-nya.... menggoda iman....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhaa..lbh menggoda mana sm briptu Eka?wkwkkk...ayo gus kpn k sini lg?

      Hapus
  3. Ikutaaan kesana lagi dong :D keren mba tulisan sama foto2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu mbak...msh ada wkt nih sampe tgl 7, makasih :)

      Hapus
  4. Waaa enak ya makan2 bareng2. Wakti itu aku jg makan bareng2 sih tp bareng sama orang lain yg tak dikenal :((
    Gutlak teh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa...slh sendiri suka gagapokus, pdhl yg suamiku sms nyuruh kmu jmpt aku mlh gk nongol2, udh dandan ketje jmptn gk dtng2 :)) Gutlak jg tomi :)

      Hapus
  5. siip.. dateng lagi deeeh! Sukses ya membujuk bosnya Teddy hahahaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu, wkwkk yuk barengan lg :D

      Hapus
  6. Balasan
    1. Satu porsinya 33rb mba, satu paket sdh sama nasi :)

      Hapus
  7. wai ini nih, saya bikin ngiler ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu ath jay kt hangout d sana, kamu kan dkt ke situ :D

      Hapus
  8. Asiiiiikkkkkk.........yuk ah, ke sana lagi, mumpung masih berlangsung acaranya

    BalasHapus
  9. Wah kereeeen.... Jd pengen ke sana.... :)

    BalasHapus
  10. saya juga tadinya sudah daftar dan berencana kesana...tapi gara-gara salah informasi jadi batal deh :(

    BalasHapus
  11. Mie Cakalang yg belum kesampaian dirasakan, pinginnnn
    Seru kayaknya kalau malam2 kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak bgt, sambelnya d kasih banyak. Jangankan malam siangpun suasananya adem sama rindangnya pepohonan:D

      Hapus