Kemudahan Transaksi Dalam Satu Ponsel

Rekening Ponsel CIMB Niaga

Zaman era digital, dimana semua orang dapat menikmati layanan mobile secara mudah dan sangat membantu untuk melakukan berbagai transaksi melalui online. Meskipun akses secara online hanya bisa di manfaatkan oleh orang tertentu, artinya penggunaan internet yang tidak bisa dipahami oleh sebagian orang, mereka khususnya adalah orang tua yang sering terkendala untuk mengoperasikannya, faktornya karena usia, mereka sering lupa meski sudah di ajarkan berkali-kali.

Jangankan untuk mobile dengan diharuskan login dengan memakai user ID dan memasukkan password, hal ini mungkin sangat merepotkan bagi mereka, untuk menggunakan ATM saja mereka sering lengah dengan tidak memperhatikan kartu ATM yang harus segera dicabut dari mesin ketika transaksi selesai, alhasil kartu ATM tertelan oleh mesin dan mereka sering kalang kabut jika sudah terjadi hal demikian, hingga melapor pada bank terdekat untuk segera mendapat ATM baru, iya kalau keadiannya pada jam kerja tetapi kalau kejadiaannya malam hari atau tidak pada hari kerja otomatis harus menunggu hari kerja saat Bank bisa melayani dan langsung menangani permasalahan yang dilaporkan. Ya, meskipun ada layanan call center tetapi terkadang sulit dihubungi, karena saya pernah mempunyai pengalaman demikian.  

Transaksi Rekening Ponsel melalui mesin ATM CIMB Niaga

Tampilan Rek Ponsel Pada Layar Mesin ATM CIMB Niaga
Masukkan 4 digit SMS Passcode

Menu Utama Mesin ATM Rek Ponsel CIMB Niaga

Sebetulnya saya sudah lama mengetahui adanya Rekening Ponsel ini, sebuah layanan dari mobile CIMB Niaga (Go Mobile) yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer  dana ke nomor ponsel dan bank manapun (anggota ATM Bersama atau Prima) di seluruh Indonesia, tarik tunai si seluruh ATM CIMB Niaga dengan menggunakan ponsel tanpa kartu ATM) dan melakukan serangkaian transaksi lainnya seperti pembayaran tagihan dan pembelian pulsa ponsel prabayar.

Dengan kemudahan melakukan berbagai transaksi dalam satu ponsel, tentu ini menarik bagi saya, sebagai Ibu Rumah Tangga yang mempunyai tugas mengatur pengeluaran bulanan rutin, tentu saya tidak kerepotan untuk pergi ke ATM, ada dua cara untuk menggunakan Rekening Ponsel yang pertama  bisa dilakukan dengan cara SMS dengan mengetik Go Mobile kirim ke 1418 dan ikuti instruksi selanjutnya dan yang kedua jika anda menggunakan smartphone, disarankan untuk mengunduh aplikasi Go Mobile ke ponsel anda melalui https://mobile.cimbclicks.co.id/apps/  Catatan: bagi yang tipe ponselnya belum tersedia, setelah mengakses link mobile.cimbclick.co.id/apps pilih opsi Using Mobile Broser (contoh Ponsel Cina).

Apa yang diperlukan untuk dapat menggunakan layanan Rekening Ponsel?
  1. Ponsel apa saja dengan nomor ponsel yang ada di Indonesia
  2. Pulsa yang cukup, karena setiap kita sudah melakukan transakasi, secara otomatis kita akan dapat notifikasi pemberitahuan melalui sms dikenakan biaya per sms tergantung provider yang digunakan.
  3. Sambungan internet melalui sebuah data plan, hanya diperlukan untuk smarphone yang menggunakan aplikasi Go Mobile.


Notifikasi SMS Rekening Ponsel

Lalu kenapa harus menggunakan Rekening Ponsel ?

Menurut saya layanan ini sangat menolong bagi orang yang sering lupa dan ceroboh seperti lupa membawa ATM karena mungkin ATM ada di dompet yang berbeda, lupa mencabut ATM hingga merepotkan untuk mengurusnya dan lain sebagainya. Dengan rekening ponsel, jika kita sedang urgent atau darurat untuk mengharuskan segala transaksi, maka kita bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja, asalkan semua semua penujang memenuhi syarat seperti pada ketiga poin di atas.

Ketika awal saya akan membuka rekening ponsel, sempat terpikir betapa repotnya karena persyaratan kartu identitas saat mendaftar harus sesuai domisili, ini yang membuat malas saya untuk membuka rekening, dulu saya menggunakan rekening bank atas nama suami jika ada yang mau transfer, karena pekerjaan saya freelancer writer yang sewaktu-waktu pasti membutuhkan rekening bank untuk melakukan pembayaran maupun transaksi.

Tetapi kini saya bisa menikmati layanan Rekening Ponsel, prosesnya yang mudah, kita cukup mendatangi cabang CIMB terdekat tanpa harus sesuai domisili sesuai kartu identitas, kita bisa membuka saldo awal dengan sangat terjangkau yaitu dengan setoran awal minimal Rp 50,000. Dana yang tersimpan dalam rekening ponsel hanya bisa menampung Rp 5 juta dan nilai transaksi bulanan hanya bisa mencapai Rp 20 juta, jika ada yang transfer dana tetapi saldo kita misalnya melebihi saldo maksimal yaitu Rp 5 juta, maka selanjutnya dana yang dikirim tersebut akan kembali kepada pengirim.

Pembukaan Rekening CIMB Niaga
Untuk  menyiasati hal tersebut, saya mempunyai cara sendiri untuk menanggulanginya, ketika saya mendaftar rekening ponsel, Customer Service menawarkan produk Tabungan Kita,  jadi jika sumber dana saya tidak tertampung pada rekening ponsel, kita bisa mengatur dana kita melalui ATM atau secara online untuk di pindahkan ke buku rekening tabungan Kita dan juga bisa sebaliknya kita bisa memindahkan dana yang kita inginkan ke rekening ponsel, jadi cukup praktiskan? Gitu saja koq repot.
Jenis Tabungan CIMB Niaga & kartu ATM

O’ya saldo awal pembukaan rekening tabungan kita sangat murah lho, saya waktu itu menyetor awal Rp 120 Ribu dan sudah mendapat dua produk sekaligus, yaitu Tabungan Kita dan Rekening Ponsel. Hal ini juga bisa membantu bagi suami istri atau anak dan kerabat lain yang kita percaya untuk menggunakan secara bersamaan, tinggal bagaimana cara kita mengaturnya, simple kan?

Namun penting juga untuk kita ketahui, seperti apa yang para narasumber katakan ketika memaparkan presentasi dari penggunaan mobile pada acara DpTalk bersama CIMB Niaga yang diadakan pada hari sabtu 22 Maret 2014 bertembat di Menara CIMB Niaga, bahwa dalam menggunakan mobile di tempat umum tidak disarankan mengingat riskannya para hecker yang berkeliaran tanpa kita ketahui, apalagi jika kita melakukan transaksi, ada baiknya melalui perangkat pribadi demi keamanan dan kenyamanan.

Keterbatasan waktu yang tidak memungkinkan para undangan untuk bertanya kepada narasumber, dengan pengalaman yang saya miliki tentang rekening ponsel sedikit bisa membatu pertanyaan dari sekeliling tempat dimana saya duduk pada acara itu, pertanyaan dari mba Haya Aliya zaki yang menanyakan, susah gak sih untuk proses buka rekening ponsel ? Tidak mba jawab, saya kita tinggal mendatangi cabang CIMB terdekat untuk mendaftarkan nomor ponsel yang mau digunakan, lalu ada pertanyaan dari mas Indra Hutapea, kalau dipakai di luar negeri bisa gak? Bisa saja, pastikan nomor ponsel kita aktif dan bisa melakukan panggilan dari luar negeri, rekening ponsel tetap bekerja, namun perlu kita ketahui juga dengan adanya tarif roaming yang berbeda dengan tarif lokal.

Lalu pertanyaan lainnya yang bagaimana jika ponsel kita hilang? Kita tinggal melapor ke CIMB Niaga terdekat dengan membawa surat tanda kehilangan dari kepolisian lalu mengajukan pemblokiran lalu mendaftarkan kembali nomor ponsel yang baru dan Rekening ponsel tetap aman karena terlindungi oleh PIN.

Salah satu kelebihan rekening ponsel ini adalah bebas biaya atau potongan apapun, saldo minimum rekening ponsel adalah nol dan bisa mentransfer kepada yang tidak punya rekening bank sekalipun, kita bisa mentransfer dana ke nomor ponsel yang aktif. Dana rekening ponsel tersimpan dalam penampung khusus, berbeda dengan tabungan. Sehingga dana di rekening ponsel tidak berbunga. Namun apabila kita bersedia membuka rekening di CIMB Niaga seperti pengalaman yang telah saya tulis di atas, maka dana rekening ponsel dapat dipindahkan ke rekening tabungan yang berbunga dan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Dan satu hal yang perlu diingat, bagi yang menerima transfer tetapi belum mendaftarkan nomor ponselnya di  CIMB Niaga, setelah menerima transfer dana maka segera registrasi ke cabang CIMB Niaga untuk konfirmasi bahwa kita sudah menerima transfer dana, jika selama 14 hari penerima transfer dana tidak melapor, maka dana akan kembali kepada rekening pengirim.

Sampai saat ini saya belum mempunyai permasalahan dari layanan mobile banking CIMB Niaga, khususnya rekening ponsel ini, dan pengalaman saya tentang produk layanan mobile bisa membantu mertua saya yang selalu kerepotan karena berkali-kali kartu ATM-nya tertelan mesin, maka saya menyarankan untuk menggunakan rekening ponsel. Senangnya bisa membantu pertanyaan teman-teman dengan berdasarkan pengalaman saya tentang Rekening Ponsel, sampai jumpa lagi pada acara DPTalk selanjutnya.***

Selamat Mencoba

Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sakit Kepala Bukan Alasan Lagi Untuk Tidak Beraktivitas

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Store Tour Harga Teman Giant Bareng Meisya Siregar